Lihat ke Halaman Asli

Kusno Haryanto

Apoteker yang Merdeka

Ternyata Begini Tugas Wakil Kepala Sekolah

Diperbarui: 12 September 2017   15:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sekolah sebagai institusi selalu memiliki pemimpin yang disebut dengan kepala sekolah, distruktur organisasi sekolah setelah posisi kepala sekolah ada yang menduduki posisi atau jabatan wakil kepala sekolah. Kedua jabatan ini harus bisa saling bersinergi untuk kelangsungan segala kegiatan disekolah. Ternyata  tugas dari wakil kepala sekolah tidaklah ringan. Biasanya disuatu sekolah terdapat tiga jabatan wakil kepala sekolah, yakni wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan dan wakil kepala sekolah bidang industri. Secara umum tugas dari ketiga wakil kepala sekolah itu sudah tertulis di SOP,  dimana dari tugas - tugas yang tertulis jelas itu secara umum dapat disederhanakan menjadi hal berikut. 

Wakil kepala sekolah dibidang kurikulum biasanya sibuk kepada tugas - tugas pembuatan jadwal mengajar puluhan guru dan membuat jam mengajar sedemikian rupa agar tidak terjadi bentrokan pada jam mengajar disekolah yang berbeda - beda bagi guru yang mengajar dibanyak sekolah. Tugas ini biasanya selalu dilakukan pada liburan setelah tahun ajaran berakhir. 

Pada periode ini wakil kepala sekolah bidang kurikulum akan terlihat sibuk sendirian karena harus menghubungi semua guru untuk menanyakan kesiapan rekan - rekan gurunya untuk mengajar di jam keberapa disekolah. Komunikasi dengan rekan - rekan gurunya itu tentunya tidak bisa berlangsung mulus. Hal tersulit dalam periode ini adalah dikarenakan guru yang ditanyakan pun harus lebih dulu berkordinasi dengan wakil kepala sekolah bidang kurikulum disekolah lain tempat dirinya mengajar pula disana.  Setidaknya tugas yang membutuhkan ketelitian tinggi ini membutuhkan waktu yang panjang agar terjadi kesepakatan jam mengajar dengan rekan - rekan guru lainnya. Sudah dapat dipastikan bahwa tugas ini akan berakhir setelah kepala sekolah menandatangani jadwal mengajar yang dibuatnya.

Sedangkan wakil kepala sekolah bidang kesiswaan secara "global" mempunyai tugas  yang berurusan dengan tata tertib dan tingkah laku serta kedisiplinan siswa dilingkungan sekolah. Tugas yang terkesan main - main dan tidak serius ini sebenarnya memiliki kaitan yang sangat serius dengan penilaian masyarakat terhadap baik tidaknya attitude sekolah dimasyarakat. Kebiasaan remaja merokok dan berpakaian acak - acakan serta berbicara semaunya yang terkesan tidak mau diatur adalah hal yang menjadi keharusan bagi wakil kepala sekolah bidang kesiswaan untuk mengawasi agar hal - hal buruk itu tidak terjadi dilingkungan sekolahnya. Tugas wakil kepala sekolah bidang kesiswaan dimulai dari beberapa menit sebelum jam belajar mengajar dimulai sampai pada saat jam belajar mengajar berakhir. Tugas kepala sekolah bidang kesiswaan ini dijalani oleh guru - guru piket setiap harinya. 

Mulai dari Siswa  yang datang terlambat kesekolah, rambut yang melebihi kerah baju atau panjang, tidak memasang badge pada baju seragam sampai pada perkelahian antar siswa juga urusan bolos membolos menjadi domain wakil kepala sekolah bidang kesiswaan untuk menindaklanjutinya yang biasanya diakhiri dengan hukuman, dari yang paling ringan sampai yang paling berat yakni pemecatan sebagai siswa disekolah dengan didahului oleh pemaparan bukti - bukti kenakalan siswa dihadapan rapat dewan guru.

Untuk wakil kepala sekolah bidang hubungan industri mempunyai tugas - tugas diluar lingkungan sekolah. Guru yang menduduki posisi ini biasanya terlihat sibuk pada saat periode praktek kerja lapangan atau yang lebih dikenal dengan istilah praktek kerja industri ( prakerin ) akan segera dimulai. Pada periode inilah wakil kepala sekolah bidang hubungan industri harus mempunyai ketrampilan untuk menempatkan ratusan siswa siswinya keberbagai perusahaan atau dunia industri baik dilingkungan pemerintahan maupun swasta. Tugas dan tanggung jawab ini pastilah tidak mudah sebab mencari lahan atau tempat untuk menempatkan siswa magang menjadi persoalan serius yang harus dikerjakan oleh wakil kepala sekolah bidang hubungan industri. Mendatangi kantor - kantor perusahaan untuk bertemu dengan pejabat setempat tidaklah bisa dilakukan dalam satu atau dua kali kunjungan. 

Ini disebabkan kepada padatnya jadwal pejabat diperusahaan itu yang akan ditemuinya. Membuat surat permohonan PKL dan menyusun perjanjian kerjasama antara sekolah dan perusahaan tempat magang juga menjadi tugas wakil kepala sekolah dibidang ini. Kesibukan wakil kepala sekolah bidang hubungan industri tidak berhenti saat siswa siswi mulai menjalankan magangnya. Pengawasan terhadap siswa siswi yang sedang menjalani prektek kerja lapangan ini dan kunjungan ketempat magang masih menjadi tugas dan tanggung jawab guru yang berada di pos wakil kepala sekolah bidang hubungan industri ini. 

Tugas berat ini akan berakhir setelah pihak sekolah menerima kembali siswa siswi yang selesai menjalani praktek kerja lapangan diberbagai tempat itu dan kesibukan seperti ini akan kembali dimulai pada tahun magang di tahun pelajaran berikutnya. Mengingat beratnya tugas dari para wakil kepala sekolah diatas maka layaklah sebagai orangtua murid kita memberikan apresiasi yang tinggi untuk mereka.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline