Lihat ke Halaman Asli

Quo Vadis Vakum Honda New Mega Pro?

Diperbarui: 25 Juni 2015   01:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Cinta penulis pada produk HONDA tak terbantah. Cinta sekaligus kepercayaan ini menjadikan HONDA sebagai pilihan sarana transportasi yang tak tergantikan. Sekalipun tawaran produk kendaraan bermotor begitu menjamur dengan kemudahan kredit yang menjanjikan, penulis tetap memilih HONDA.

***

Awal bulan Maret 2011, penulis membeli HONDA NEW MEGA PRO di Dealer Resmi Honda yang terletak di daerah Batu Aji - Kota Batam sebagai tanda cinta kepada produk HONDA. Tampilannya yang Sporti membuat nyaman untuk dikendarai. Kenyamanan ini ternyata tak berlangsung lama. Akhir Juni 2012 keonaran mulai ditimbulkan oleh produk Honda yang stylish dan sporti ini. Di tengah jalan, mesin mati, tarikan gas seperti tak bertenaga. Sangkaan awal mungkin kehabisan bensin. Ternyata jarum penunjuk bensin masih full. Tarikan gas yang mendadak melemah ini merupakan suatu ancaman maut yang tak bisa ditawar. Bayangkan saja kalau kejadian ini berlangsung di tengah keramaian lalu lintas atau di lampu merah. Tentu keselamatan nyawa pengendara yang jadi taruhan.  Sadar akan akibat dari keonaran ini, penulis memutuskan untuk menservisnya di bengkel resmi HONDA, AHHAS tempat motor NMP dibeli, di daerah Batu Aji - Batam. Hasil diagnosa kendaraan: Vakum New Mega Pro aus, harus diganti.

Kalau memang harus diganti, kenapa tidak? Yang menjadi persoalan adalah agen resmi HONDA - AHASS ini tidak memiliki suku cadang. Piyee toh...Agen resmi HONDA, menjual produk HONDA - NEW MEGA PRO yang laris manis dibeli, tapi toh tidak memiliki suku cadang kendaraan tersebut. Suku cadangnya harus dipesan dulu dari Jawa dengan jangka waktu yang tidak pasti(sebulan setelah servis, penulis sempat menanyakan Vakum ini ke dealer HONDA - AHASS, tapi jawabannya belum ada). Ini soal kenyamanan dan keselamatan pengendara. Kata petugas bagian penjualan suku cadang: "Kalau punya kenalan yang tinggal di Jawa, silahkan dipesan saja. Soalnya kalau menunggu pesanan dari dealer, prosesnya butuh waktu yang lama.

Sebagai tanggapan atas anjuran dari petugas penjualan HONDA GENUINE PARTS, penulis langsung mengontak keluarga penulis yang ada di daerah JOGJA( Agustus 2012). Hasilnya? Agen resmi penjualan suku cadang HONDA - AHASS yang ada di daerah central JOGJA tidak/belum memiliki stok VAKUM NEW MEGA PRO.  Akhirnya VAKUM NMP itu baru bisa ditemukan di daerah MAGELANG, padahal tempat tinggal keluarga penulis di daerah Kalasan. Saat tulisan ini dibuat, VAKUM New Mega Pro sudah dibeli dan tinggal dikirim ke Batam. Sedikitnya hati penulis sudah lebih lega karena ONDERDIL yang dicari sudah ditemukan.

Catatan untuk produsen HONDA: Kalau mau menjual produk terbaru di agen atau dealer resmi di kota-kota yang tersebar di Indonesia, sediakan juga suku cadang yang lengkap. Semua onderdil kendaraan bermotor harus disediakan di tempat. Kalaupun ada yang harus dipesan di kantor pusat, jangan dipersulit soal jalur pendistribusiannya. Informasi dari divisi penjualan suku cadang HONDA, untuk daerah BATAM harus melalui daerah cabang Sumatera. Kenapa tidak bisa secepatnya? Ingat! Kepuasan konsumen adalah kesuksesan produsen.

Catatan untuk Calon Konsumen: Sebelum membeli setiap produk terbaru, tanyakanlah ketersediaan suku cadang yang ada secara lengkap. Jangan sampai kejadian yang menimpa penulis terulang. Suku cadang yang sangat vital tidak tersedia di agen resmi tempat penulis membeli motor NMP.

Sekian...




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline