Lihat ke Halaman Asli

Kadiman Kusmayanto

TERVERIFIKASI

Budi Luhur – Memaafkan Dan Melupakan Kesalahan

Diperbarui: 26 Juni 2015   19:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemerintahan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Tidaklah akan sempurna puasa kami di bulan suci Ramadhan 1403 Hijriah ini tanpa dikabulkannya permohonan maaf atas kesalahan-kesalahan yang kami perbuat. (ref. Hadis Kaab Bin Ujrah).

Mohon maaf lahir batin.

Dengan kesungguhan dan kerendahan hati kami memohonkan dukungan dan doa dari kawan-kawan agar kami dapat menjalankan ibadah puasa dan kami berhasil menjadi ciptaan-Nya yg di bulan Ramadhan ini mendapat limpahan rahmat, anugerah ampunan dan terbebas kami dari siksa neraka. (Ref. Hadis HR Baihaqi dan Ibnu Khuzaimah). Kami juga dengan tulus sepenuh hati melupakan dan memaafkan kesalahan dari kawan-kawan semua. Kami sadar bahwa memaafkan kesalahan yang diperbuat orang lain itu mudah namun melupakan kesalahan itu jauh lebih sulit. Jauh lebih mudah memberi maaf ketimbang melupakannya.

The Corrs melantunkan dengan manis sambil mengingatkan kita tentang mudahnya memaafkan dan sulitnya melupakan kesalahan yaitu dalam lagu populernya "Forgiven not Forgotten". Keikhlasan kami memaafkan dan melupakan kesalahan akan jadi aji pamungkas bagi kami dalam menggalang kekuatan untuk kuat, sabar dan tulus menjalankan perintah-Nya, yaitu berpuasa sebulan penuh di bulan suci Ramadhan.

Dukungan dan doa kami panjatkan bagi rekan-rekan yang akan menunaikan ibadah shaum. Doa kami juga bagi kawan-kawan yang karena sebab tertentu tidak akan dapat melaksanakan ibadah puasa sebulan penuh, semoga amal-baik puasa dapat pula mereka peroleh. Tidak ada yang tidak mungkin jika Tuhan YME menginginkan hal tersebut terjadi. Mu'jizah makes the impossible possible !

Semoga Tuhan YME mencurahkan kasih sayang-Nya pada kita semua. Amiiin

Jabat erat,
KK




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline