Lihat ke Halaman Asli

Usman Kusmana

Seorang Lelaki Biasa Dan Pegiat Sosial Politik

(Humor) Preman Insyaf Jadi Muadzin

Diperbarui: 24 Juni 2015   23:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humor. Sumber ilustrasi: PEXELS/Gratisography

Di Kampung saya ada preman, sebut saja namanya Udin Sekop. Dia sudah malang melintang cukup lama dalam dunia premanisme di ibukota. Semasa berjaya, Udin Sekop sangat terkenal dan di takuti di daerah Utara Jakarta. Dia orangnya tinggi besar, kulit hitam legam dan berkumis baplang.

Suaranya menggelegar kalau batuk atau berbicara. Berbagai nama binatang di hutan tak pernah sepi dalam setiap pembicaraannya, belum lagi kalau umpatan-umpatan khas daerah saya Sunda, seperti (maaf..bebel, kehed, sia, aing dll)

Suatu hari saya mendengar bahwa Kang Udin Sekop pulang kampung. Warga dan para tetangga heran dan merasa kaget melihat sikap Kang Udin Sekop. Dia menjadi ramah dan sopan, penampilan dan pakaiannya jadi rapi, bahkan suka pake baju koko, kadang-kadang jubah, berkopiah lengkap.

Dia rajin shalat berjamaah ke masjid. Bahkan lama-lama karena saking rajinnya dia selalu datang ke masjid awal waktu sebelum adzan tiba. Sehingga dia mulai coba-coba belajar mengumandangkan adzan melalui speaker masjid. Warga kampung senang bukan kepalang, melihat perubahan sikap Kang Udin Sekop itu.

Karena rajinnya mengumandangkan adzan setiap waktu shalat, pengurus DKM melalui ketuanya meminta kang Udin Sekop untuk bersedia menjadi muadzin dalam shalat Jum'at. Dan diapun menyanggupinya.

Ketika hari Jum'at tiba, Kang Udin Sekop bersiap-siap dengan maksimal, dia pakai jubah putih, pakai sorban dan berkopiah lengkap. Dia ingin terlihat wangi dan sempurna, karena akan menjalankan tugas sebagai muadzin dalam shalat Jum'at yang pastinya akan diikuti oleh seluruh warga lelaki di kampungnya.

Dia duduk di shaf paling depan dekat mimbar khatib. Duduk khusyu sambil baca-baca sebisanya dia. Lalu tibalah waktunya adzan dzuhur sebelum pelaksanaan shalat sunnah dan khatib naik mimbar. Kang Udin sekop pun berdiri persis depan mimbar, dan mengambil mic yang nempel di tempat dudukannya yang dari besi. Dia bermaksud mengambil mic itu agar bisa adzan dengan sempurna dengan cara mic nya di pegang.

Dia berusaha mengeluarkan mic itu dari dudukannya, dia putar-putar sambil di tarik. Dia sedikit grogi dan berkeringat. Para jamaah menyaksikan apa yang dilakukan oleh kang Udin Sekop yang mau adzan itu. Tiba-tiba mic yang sulit di lepas dari dudukannya itu, karena ditarik dengan keras terlepas dari dudukannya, dan mengenai giginya dengan lumayan keras, dan terdengar suara dari pengeras di dalam mesjid itu " Aduh Anjing..Goblog..!" . Ternyata kang Udin Sekop reflek mengeluarkan kalimat itu dan masuk ke dalam pengeras suara......

Hahahahhaha...hanya humor yaa...jangan serius amat menanggapinya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline