Lihat ke Halaman Asli

kurotuaeni

smkn 1mundu cirebon

Kualitas Arang Briket Terbaik

Diperbarui: 13 September 2023   19:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Arang briket merupakan bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan dan hemat biaya. Briket ini dibuat dari bahan-bahan organik seperti serbuk gergaji, sekam padi, sabut kelapa atau tempurung kelapa yang menjual arang briket dengan dipadatkan menggunakan mesin. 

Briket adalah salah satu jenis bahan bakar yang digunakan untuk  memanggang atau memasak. Briket terbuat dari arang  yang dicampur dengan bahan pengikat dan dibentuk menjadi potongan padat. 

Briket memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan arang biasa seperti lebih mudah dibakar, lebih tahan lama, lebih ekonomis, dan lebih ramah lingkungan.

Briket memiliki beberapa keunggulan dibandingkan arang kayu keras, seperti:

1. Lebih Tahan Lama

Briket memiliki massa jenis yang lebih tinggi dan kadar air yang lebih rendah dibandingkan arang, sehingga dapat terbakar lebih lama dan  stabil.

2. Lebih Bersih

Briket menghasilkan asap dan abu yang lebih sedikit dibandingkan arang, sehingga tidak mencemari udara dan  menjaga kebersihan lingkungan.

3. Lebih Murah 

Briket dapat dibuat dari sampah organik yang banyak tersedia dan murah, sehingga mengurangi biaya produksi dan konsumsi.

4. LebihRamah Lingkungan 

Briket tidak memerlukan penebangan pohon yang dapat menimbulkan kerusakan hutan dan ekosistem, sehingga dapat menjaga keseimbangan alam dan mengurangi emisi gas rumah kaca.

Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Arang Briket

 1.Bahan baku

Bahan baku  briket harus bersih, kering dan tidak mengandung zat beracun seperti plastik, logam atau bahan kimia. Bahan baku yang berkualitas juga akan menghasilkan  briket yang berkualitas. 

2. Komposisi

Komposisi arang pada briket harus seimbang antara karbon, oksigen, hidrogen dan nitrogen. Komposisi yang seimbang akan meningkatkan nilai kalor dan efisiensi pembakaran  briket.

3. Kualitas Arang Briket Terbaik 

Jenis kayu yang digunakan untuk membuat  briket mempengaruhi nilai kalor, kandungan karbon terikat, kadar abu dan aroma asap. Kayu keras seperti kayu ulin, jati, mahoni dan sengon seringkali menghasilkan  briket  berkualitas tinggi. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline