Mahasiswa Univeristas Pendidikan Indonesia (UPI). Pendidikan Bahasa Indonesia Penjurusan Sanggar Sastra angkatan 2018 memiliki kesadaran dalam memerankan tugasnya sebagai mahasiswa. Sejalur dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), mahasiswa dapat mengambil peran dalam upaya perbaikan efisiensi pendidikan selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).
Sebagai bentuk implementasi yang sesuai dengan program studi, mahasiswa bersama dosen pembimbing menggelar program Kolaborasi Guru-Mahasiswa dalam Pembelajaran Sastra secara Daring di Sekolah Menengah Pertama (SMP).
Pertimbangan program ini berdasarkan angket yang diberikan kepada guru bahasa Indonesia SMP di Kabupaten Kuningan. Informasi dalam angkat mengungkapkan jika pembelajaran secara daring mengalami kendala dalam pembelajaran. salah satunya berupa pembelajaran yang dirasa tidak maksimal, penuh dengan keterbatasan, dan siswa mengeluh tidak paham dalam pembelajarannya.
Dalam rangka mengatasi masalah tersebut mahasiswa dalam Program Kolaborasi Guru-Mahasiswa membuat beberapa rancangan pembelajaran yang kreatif dan inovatif dalam masa PJJ.
Rancangan Program tersebut terdiri dari Penyusunan bahan ajar (modul), Pembuatan model pembelajaran drama secara daring yang inovatif dan kreatif, dan implementasi dalam kelas.
Walaupun program ini mencantum jurusan SMP, ada juga sekolah jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) yang berpetisipasi dalam kegiatan ini. SMAN 1 Cilimus merupakan salah satu SMA yang mengikuti program ini. Program pembelajarnan drama SMA ini terdriri dari 35 siswa dengan 3 mahasiswa pendamping dalam pembelajarannya.
Sesuai masalah yang ada, mahasiswa merancang modul untuk membekali siswa dalam proses pembelajarannya. Modul dibuat inovatif dengan mencakup tautan video pembelajaran karya mahasiswa, kumpulan teks drama, materi, test lengkap, dan media sosial.
Media sosial dimanfaatkan secara inovatif dan kreatif sebagai salah satu media apresiasi karya atau hasil siswa belajar. Beberapa materi yang di sertai dengan teks drama dan test penggayaan juga membuat pembelajarannya semakin mudah dimengerti.
Video pembelajaran yang dibuat oleh mahasiswa dibuat secara kreatif dengan materi yang mudah dipahami oleh siswa SMA. Kegunaan video dalam pembelajaran ini merupakan usaha agar siswa tidak jenuh atau bosan dalam melakukan aktifitas PJJ.
Pematerian dalam video juga dikemas dan dijelaskan dengan baik agar pembelajaran drama di SMA mudah dipahami oleh siswa. Video disediakan untuk menanggulangi jika ada siswa yang sulit belajar secara online atau kurangnya kualitas video saat ditampilkan dalam pembelajaran.