Lihat ke Halaman Asli

kurnia zisky

mahasiswa

Artikel Sistem Pengendalian pada PT. Shopee

Diperbarui: 27 Juni 2024   22:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Shopee adalah sebuah aplikasi yang bergerak dibidang jual beli secara online dan dapat diakses secara mudah dengan menggunakan smartphone. Shopee hadir dalam bentuk aplikasi yang memudahkan penggunanya dalam melakukan kegiatan berbelanja secara online tanpa harus ribet menggunakan perangkat komputer. Namun cukup menggunakan smartphone, Shopee akan menawarkan berbagai macam produk, dari fashion hingga produk untuk kebutuhan sehari-hari. Shopee Indonesia adalah salah satu pusat perbelanjaan yang dikelola oleh Garena (berubah nama menjadi SEA Group).

Pada tahun 2015, Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura. Shopee pertama kali meluncur sebagai marketplace consumer to consumer (C2C). Namun kini mereka telah beralih ke model hibrid C2C dan business to consumer (B2C) semenjak meluncurkan Shopee Mall yang merupakan platform toko daring untuk brand ternama.

Pada tahun 2017, platform ini mencatat 80 juta unduhan aplikasi dengan lebih dari empat juta penjual dan lebih dari 180 juta produk aktif. Pada kuartal keempat tahun 2017, Shopee melaporkan nilai perdagangan bruto (GMV) sebesar US$1,6 miliar, naik 206 persen dari tahun sebelumnya. Shopee memiliki nilai total GMV pada tahun 2018 sebesar US$2,7 miliar, naik 153 persen dari tahun 2017.

Di Malaysia, Shopee menjadi portal perdagangan elektronik ke-3 yang paling banyak dikunjungi di Q4 2017, menggantikan Lelong dan melampaui peringkat Lazada sebagai aplikasi terbaik di Google Play dan iOS App store.

Pada April 2020, Shopee Indonesia mulai mempromosikan penjualan makanan siap saji di platform Shopee untuk menjadi pemain ketiga yang bersaing dengan Gofood dan GrabFood. Program yang diberi nama ShopeeFOOD ini telah merekrut lebih dari 500 penjual makanan di wilayah Jakarta.

  • Shopee memiliki visi yaitu : "Menjadi mobile marketplace nomor 1 di Indonesia"
  • Shopee memiliki misi yaitu : "Mengembangkan jiwa kewirausahaan bagi para penjual di Indonesia"

Adapun perencanaan dan strategi pada PT. Shopee, yaitu :

  • Menggunakan teknik pemasaran sesuai tren yang sedang berlangsung.
  • Memakai media yang sesuai.
  • Memberikan jaminan harga termurah.
  • Memberikan promosi harga yang terjangkau.

Operasional pada PT. Shopee

Jadwal operasionalnya tergantung jenis layanan Shopee Express yang digunakan. Untuk layanan standard dan hemat, di hari biasa jam operasionalnya mulai pukul 09.00 hingga 23.00 WIB. Sedangkan jadwal pick upnya adalah sebagai berikut :

Untuk permintaan pick up jam 00.00 -- 12. 59 WIB, waktu terdekat dijemput oleh kurir adalah jam 13.00 -- 16.59 atau 17.00 -- 23.00 WIB di hari yang sama.

Untuk permintaan pick up jam 13.00 -- 16. 59 WIB, waktu terdekat dijemput oleh kurir adalah jam 17.00 -- 23.00 di hari yang sama atau 13.00 -- 16.59 WIB di hari selanjutnya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline