Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa/i Saat Ini

Diperbarui: 26 Juni 2015   05:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Zaman sudah berubah, teknologi semakin maju dan pendidikan pun menjadi "peralatan" yang penting seiring perkembangan zaman ini. Pendidikan perlahan juga tergerus oleh zaman sekarang yang lebih dikenal zaman/era globalisasi. Bagaimana tidak? Dahulu pendidikan hanya sampai SD, SMP atau SMA orang-orang sudah dianggap pintar dan bisa melamar pekerjaan dengan pendapatan yang bisa dibilang cukup dan memadai. Tapi sekarang? Ijazah SMA hanya mampu membawa kita dalam tingkat kerja yang itu-itu saja, perlu adanya tingkat pendidikan yang lebih untuk mendapatkan tingkat kerja yang itu-itu saja. Selain itu memang yang tidak kalah pentingnya adalah skill dari setiap orang juga.

Hidup kita saat ini memang terasa mudah karena memang diberikan kemudahan. Adanya teknologi membuat dunia ini terasa kecil dan mengerjakan sesuatu lebih mudah dan ringan. Bayangkan saja kita ingin tau soal dunia, berita dunia atau apapun kita tidak perlu lagi pergi ke perpustakaan untuk meminjam atau membaca buku, cukup pergi ke warnet dan gunakan internet kita sudah mendapatkan informasi yang kita butuhkan. Inilah contoh sederhana yang mungkin sekarang adalah hal yang lumrah dan mudah untuk dicapai.

Saya juga tidak bisa membayangkan bagaimana orang-orang zaman dulu untuk mencari informasi yang diinginkan karena zaman dulu masih belum terkenal internet atau malah masih jarang orang yang tau akan internet. Tapi orang orang dahulu begitu semangatnya dalam mencari informasi untuk kebutuhannya. Dan tidak banyak malah yang melakukan penelitian yang menemukan hal-hal yang baru dan memiliki intelektual yang tinggi.

Coba sekarang kita bayangkan dengan mahasiswa yang tentunya memiliki banyak ilmu karena telah berpendidikan lebih tinggi di eranya sekarang. Mahasiswa yang kuliah pada zaman sekarang adalah orang-orang yang semua kebutuhan akan akses informasi dan segalanya sangat cepat dan bisa dijangkau. Walau jauh dari orang tua istilahnya "merantau" kita masih bisa berhubungan dengan orang tua dengan waktu yang real-time dengan menggunakan handphone.

Mahasiswa modern saat ini memang telah mengikuti perkembangan zaman dan memang kenyataanya itu adalah suatu keharusan (kewajiban) yang mutlak perlu bagi mahasiswa (karena saya sendiri juga seperti itu).

Tapi kenapa topik bahasannya mahasiswa sekarang? Apa intinya dari artikel opini yang saya buat ini? disini saya mencoba menuangkan segala opini saya mengenai kebiasaan-kebiasaan mahasiswa sekarang yang saya lihat dan coba saya cerna kemudian saya simpulkan dengan kata-kata saya sendiri. Mohon maaf jika ada yang tidak berkenan atau tersinggung ini hanya opini dari saya pribadi.

1. Mahasiswa sekarang kurang mengerti arti sopan santun.

Kenapa demikian? Memang sih tidak banyak yang melanggar sopan santun dan masih banyak kok mahasiswa yang mengerti akan sopan santun itu. Tapi di era-era saat ini adalah sopan santun menjadi sesuatu yang mahal.

Saya contohkan saja dan silahkan diambil kesimpulannya sendiri yah dan saya yakin setiap orang juga mempunyai pendapat yang berbeda. Sewaktu di ruang kelas ketika dosen menerangkan masih saja mahasiswa sempat untuk mengirim SMS atau bahkan mengangkat telepon, padahal dosen sedang menjelaskan mata kuliahnya, ingat dosen itu adalah pemimpin di mata kuliah tersebut dan pemimpin butuh dihargai juga, bayangkan saja jika kita cuek kepada dia, lebih mementingkan urusan pribadi kita sendiri bagaimana hasilnya? Yah hasil dikembalikan lagi ke diri kita masing-masing.

2. Mahasiswa sekarang kurang mengerti arti adat istiadat dan norma-norma.

Saya berkata demikian karena saya sering melihat kebudayaan-kebudayaan luar benar-benar masuk ke dalam lingkungan budaya timur kita. Saya mencoba membuat contohnya seperti ini. Banyak mahasiswa terutama mahasiswi yang ke kampus (terutama kampus elite) pergi ke kampus dengan pakaian-pakaian yang bisa dibilang pakaian mall. Pakaian yang ketat dari atas sampai bawah, dandanan penuh biar tampak cantik, berbagai accesoris dipakai inikah potret kehidupan mahasiswa saat ini? Sarana pendidikan digunakan juga sebagai sarana pamer fashion. Dan dari sini akan terlihat sekali kesenjangan sosialnya. Bagaimana pendapat Anda?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline