Lihat ke Halaman Asli

Dede Kurniawan

Universitas Muhamadiyah Sidoarjo

Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Bentuk Komunikasi Publik Pemkab Sidoarjo

Diperbarui: 5 Juli 2022   07:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Birokrasi. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Pemanfaatan internet dan digitalisasi membawa masyarakat menuju revolusi industri keempat atau industri 4.0. Era ini memiliki karakteristik yaitu kombinasi antara perangkat internet dengan kinerja manusia atau cyber-physical system yang ternyata memberikan banyak manfaat khususnya mengenai strategi penyampaian informasi kepada publik.

Hal inilah yang menjadi dasar bagi Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dalam menyampaikan informasi terkait program, kebijakan, pelaksanaan, serta hasil-hasil yang telah dicapai Pemkab Sidoarjo dan memublikasikannya melalui media sosial instagram, melalui laman resminya @pemkabsidoarjo  yang merupakan sarana penyampaian informasi publik antara pemerintah dengan masyarakat setempat.

Melalui laman instagram ini, kita dapat melihat berbagai informasi yang terkait perkembangan sebagai bentuk dari keterbukaan informasi publik oleh pemerintah kepada masyarakat, hal ini menunjukkan bahwa pemerintah Kabupaten Sidoarjo telah mengabil langkah tepat dari pemanfaatan teknologi 4.0 dengan memanfaatkan penggunaan media sosial instagram sebagai sarana penyampaian informasi publik, karena melihat banyaknya masyarakat sekarang yang merupakan pengguna aktif instagram.

Sebagai contoh bentuk informasi publik dari pemerintah Sidoarjo kepada masyarakat yang telah disampaikan melalui akun instagram beberapa waktu lalu (17/6/2022), yaitu mengenai pembangunan Flyover Aloha Sidoarjo, dalam unggahan tersebut disampaikan juga bahwa Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor telah membicarakan pemanfaatan lahan Aloha yang akan dibangun flyover dan pelebaran jalan pertigaan Bangah bersama dengan KASAL Laksamana TNI Yudo Margono di Mabes TNI AL Jakarta.

Disampaikan oleh Bupati Sidoarjo, bahwa titik Aloha Juanda merupakan pusat kemacetan yang selalu terjadi setiap tahunnya, dimana lebih dari satu juta orang setiap harinya melewati  titik pertemuan Jl. A Yani, Jl. Bandara Juanda serta Pertigaan Bangah Aloha.

Mengutip pada laman instagram @pemkabsidoarjo pada 18/6/2022 Ahmad Muhdlor selaku Bupati Sidoarjo menyampaikan bahwa pembangunan flyover bisa segera terlaksana setelah pembebasan lahan selesai. Maka dengan itu tentunya masyarakat bisa mendapatkan manfaat secara nyata, yaitu jalan lancar.

Kemudian pada unggahan lain, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo juga menyampaikan informasi penting mengenai hadirnya layanan Call Center 112 yang merupakan upaya dari Pemkab Sidoarjo dalam menampung pengaduan masyarakat yang lebih mudah diakses. Dalam unggahan tersebut, Bupati Sidoarjo juga menyampaikan bahwa selama ini banyak yang menyampaikan keluhan dan pengaduan memalui berbagai saluran, ada yang bertemu langsung di pendopo, menyampaikannya langsung kepada beliau ketika berkunjung ke desa- desa serta yang menyampaikan keluhannya melalui media sosial.

Melalui layanan Call Center 112, Pemkab Sidoarjo memfasilitasi sistem pengaduan masyarakat yang semakin lengkap, dimana layanan ini bebas pulsa serta dijaga petugas 24 jam, 7 hari seminggu tanpa libur dengan response time yang juga cepat. Disampaikan juga melalui laman resmi instagram @ahmadmuhdlorali pada 20/6/2022 bahwa layanan ini akan mengelola beragam jenis pengaduan seperti kecelakaan, kebakaran, banjir dan kondisi darurat lainnya. Layanan ini akan termonitor langsung melalui dashboard yang bisa diakses langsung oleh Bupati Ahmad Muhdlor, dimana dapat dilihat mana yang telah ditindaklanjuti dan mana yang belum ditindaklanjuti.

Ahmad Muhdrol juga menyampaikan bahwa setiap bulannya akan memublikasikan mengenai perangkat daerah mana saja yang paling responsif, dan perangkat mana yang paling lambat, untuk kemudian dari sana akan dilakukan evaluasi terhadap perangkat daerah yang bersangkutan. Pernyataan tersebut disampaikan sebagai bentuk keterbukaan informasi publik yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sidoarjo kepada masyarakat melalui pemanfaatan media sosial instagram sebagai media penyampaiannya.

Program Call Center ini merupakan program kerja prioritas Bupati Sidoarjo. Layanan Call Center 112 telah resmi launching pada Senin 20 Juni 2022 di Pendopo Delta Wibawa oleh Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor, yang juga turut dihadiri oleh Ari Budi Sulistyo, ST., MM, beliau merupakan Koordinator Tata Kelola Pita Lebar Direktorat Pengembangan Pita Lebar Kementerian Kominfo RI.

Pada 20/6/2022 melalui akun @pemkabsidoarjo disampaikan juga bahwa Pemda yang menyelenggarakan program 112 harus siap melayani selama 24 jam, 7 hari dan terkoordinasi dengan tim penanganan kedaruratan. Kementerian Kominfo telah menyiapkan payung hukum untuk operasional layanan 112, yaitu Peraturan Menteri Kominfo No. 10 Tahun 2016 dan regulasi untuk akses 112. Kementerian Kominfo juga telah mengkoordinir operator telekomunikasi untuk membuka akses 112 di Kabupaten Sidoarjo, dimana saat ini semua operator sudah bisa terhubung dengan layanan 112 Kabupaten Sidoarjo.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline