Lihat ke Halaman Asli

Dari Perangko Hingga Perhelatan Sea Games Bukti Diplomasi Publik Indonesia dengan Negara Kawasan Asia

Diperbarui: 3 Oktober 2020   09:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tempo.co

Diplomasi terbagi mejadi dua yaitu diplomasi tradisional dan diplomasi publik. Diplomasi publik  memiliki definisi yang berbeda-beda contohnya menurut Planning Group for Integration USIA into the Departemen of State diplomasi publik merupakan kegiatan yang memiliki upaya untuk mempromosikan kepentingan nasional Amedia Serikat melalui strategi memahami, menginformasikan, dan mempengaruhi publik asing. Namun dari berbagai definisi mengenai kebijakan publik hal yang perlu digaris bawahi adalah menghargai pertukanran yang terjadi antar negara. Diplomasi publik memiliki fungsi dan perhatian untuk semua negara dan warganya dan mencangkup kegiatan yang luas serta substantif, tidak seperti yang kebanyakan orang kira bahwa diplomasi publik adalah bentuk propaganda.

Sebagai negara yang besar dengan penduduk yang banyak Indonesia dalam mengembangkan negara banyak menjalin hubungan dengan negara-negara luar guna saling memenuhi kebutuhan antar negara di dunia. Di tengah perkembangan sektor-sektor yang sedang di optimalkan oleh Indonesia, Singapura menjadi mitra utama Indonesia dalam bidang perdagangan yang hingga saat ini menunjukan peningkatan investasinya di Indonesia. Bahkan dari bulan Januari hingga September 2016 Singapura telah melakukan investasi di Indonesia mencapai USD 7,1 milyar. Seperti diketahui Indonesia dan Ssingapura merupakan dua negara pendiri ASEAN yaitu organisasi negara yang berkawasan di Asia Tenggara, dan Indoensia memiliki perhatian lebih dalam pembinaan serta penguatan hubugan, kerja sama, dan solidaritas yang ada di dalam ASEAN.

Indonesia dan Singapura telah menjalin hubungan diplomatik selama 53 tahun, karena hubungan ini diresmikan di kedutaan besar pada 7 September 1967 ditandai dengan penandatanganan Joint Communique oleh S.Rajaratnam dan Adam Malik. McPhail 92014) menjelaskan diplomasi publik merupakan upaya komunikasi global untuk menginformasikan, mempengaruhi, serta melibatkan masyarakat global untuk mendukung kepentingan nasional.

Ketika terjadi diplomasi publik yang baik antara Indonesia dan Singapura maka kedua negara tersebut banyak melakukan kerja sama yang menyangkut banyak sektor baik politik, keamanan, ekonomi, sosal budaya hingga pelayanan dan pelindungan warga negara Indonesia yang bekerja atau berada di Singapura. Hubungan yang terjalin juga dirasa sangat positif dan konstruktif untuk kedua negara. Hal itu disebabkan baik Indoensia dan juga Singapura saling bekerja sama dalam mengembangkan sektor-sektor baru sehingga sangat menguntungkan kedua belah pihak.  

rappler.com

Sebagai tanda kedekatan hubungan Indonesia dengan Singapura, kedua negara menandai dan mencatat sejarah hubungan diplomatik dengan menerbitkan perangko bersama. Perangko merupakan benda pos yang bisa menjadi media informasi publik sehingga dari perangko tersebut akan menginformasikan pada dunia mengenai bagaimana diplomasi Indonesia dengan Singapura berjalan.

Dalam perangko tema yang diambil adalah kehidupan bawah laut yang menampilkan banyak spesiesnya yang saling melakukan simbiosis. Selain itu, di kawasan Asia Tenggara ada acara rutin SEA Games yang ketika tahun 2015 terselenggara di Singapura. Diplomasi yang baik dan terbuka antara Indonesia dengan negara lain yang terlibat membawa acara tahunan SEA Games meriah dan dinanti-nanti oleh masyarakat dunia.

#komglob06

Daftar Pustaka

Jennifer. (2 Oktober 2020) . Cara baru Indonesia terapkan dipomasi publik : Indonesian Arts and Culture Scholarship (IACS). Kompasiana.com. Diakses dari https://www.kompasiana.com/jennifer35896/5f760ee8d541df02bc3ee744/cara-baru-indonesia-terapkan-diplomasi-publik-indonesian-arts-and-culture-scholarship-iacs?page=all

Thomas. (29 Mei 2015). Sea games : ajang kerjasama Negara Asia Tenggara. Liputan6.com. Diakses dari https://www.liputan6.com/bola/read/2242014/sea-games-ajang-kerjasama-negara-asia-tenggara

Humaniora. (8 September 2017). Hubungan diplomatik Indonesia-Singapura ditandai lewat prangko. Jawapos.com. Diakses dari https://www.jawapos.com/features/humaniora/08/09/2017/hubungan-diplomatik-indonesia-singapura-ditandai-lewat-prangko/

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline