Kurniadi Wina Prasetya (46121110099)
Mata Kuliah Kewirausahaan 1
Dosen Prof. DR. Apollo Daito, M.Si.Ak.
Sahabat Kompasiana, kali ini Saya akan menyampaikan proposal bisnis CEKER KREZ NYESZ dengan strategi bisnis menggunakan analisa bisnis STP dan 5P.
A. Pertama kita bahas tentang STP, yakni singkatan dari Segmentation, Target dan Positioning.
1. Segmentation
Pada bagian segmentation saya memilih membidik pasar anak-anak sampai usia dewasa. Pertimbangannya karena Indonesia kaya akan anak-anak dan dewasa. sehingga memiliki pangsa pasar yang luas. Saya memiliki keyakinan bahwa produk Ceker Kresz Nyesz akan mampu di terima oleh lidah semua kalangan anak usia. Mengenai kelas ekonomi, saya memilih pangsa pasar ekonomi menengah ke bawah. Meski demikian Ceker Kresz Nyesz akan terasa mewah untuk penikmat kalangan ekonomi tersebut.
2. Target
Target penjualan Ceker Kresz Nyesz adalah orang-orang yang melintas untuk ke kantor atau pulang kerja yang menggunakan moda transportasi LRT baik yang ada di Harjamukti Cibubur maupun Dukuh Atas, Jakarta. Pilihan lokasi ini, selain karena sedang booming juga karena pertimbangan kedua tempat ini menjadi ikonnya penduduk muda dengan mobilitas pengguna tranportasi massal yang tinggi. Masih ingatkah Citayam Fasion Week?. Ini salah satu pertimbangannya. Selain itu, target lainnya adalah para driver OJOL baik motor ataupun mobil yang menunggu penumpang. Serta para Gamer yang menghendaki cemilan.
3. Positioning