Lihat ke Halaman Asli

Kurnia Astuti

Guru SLB Tegar Harapan Sendangadi Sleman

Pembentukan Jiwa Kuat di Situasi yang Lemah

Diperbarui: 12 Mei 2023   12:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

solopos.com

PEMBENTUKAN JIWA KUAT DISAAT SITUASI YANG LEMAH

Mencoba memulai hal yang baru merupakan pekerjaan yang sulit karena minimnya pengalaman dan ilmu.  Semoga nanti tulisanku tak sepedas handsaniteser alami sambel geprek traktiran sobat putih biru @Nurbiyaningsih dan yang sudah kesekian kalinya, sejak 30 tahun silam hingga kini. Sepertinya baru kemarin kita berangkat sekolah bersama, kehujanan, berpetualang menyusuri situs situs sejarah kota gudeg, demo masak ekstrim, mencoba kuliner receh yang lezat tak recehan.

Setiap diriku bersamanya yang ada hanya petuah hidup dimana omongan ringan jadi berat di otakku yang sedikit lemot tapi energik seperti loncatan ion. Dampak terjadinya bencana covid di dunia ini teramat sangat besar dari sektor perekonomian sampai sektor peranakan. Sebagai pembisnis harus pinter putar otak agar perekonomian pulih kembali. Pengeluaran biaya macam macam tidak dapat terhindarkan, sedangkan pemasukan minim bahkan nihil. Yang menjadi pembahasan kami di kelas serius ini bermula pada pendidikan, sahabatku yang saya sebut di atas tadi memaparkan trik untuk menarik pembeli dengan menurunkan harga dagangannya hampir 20%, tidak tahu darimana untungnya yang penting dagangan laku.

Beliau berceloteh "kalau tahu mau jualan bakso, aku nyesel kuliah". Jiwa pendidikku terkoyak mendengar celotehnya, pendidikan itu tidak sia sia Sist! Jadi keinget pula jawaban kakakku kepada keponakan yang sedang cari perguruan tinggi.

"Om, kalau kuliah di jurusan P...S besok kerjanya jadi apa?"

Jawaban polos kakakku, "ya bisa jualan bakso, asisten notaris, direktur, terserah kitalah!"

Yang terjadi gelak tawa kami menggelegar. Tapi celoteh bisa jadi beneran lho, kakakku sekarang sukses jualan fried chiken dan gorengan di jogja lantai 2. Pekerjaaan yang sebenarnya kurang relevan dengan pendidikannya. Semua yang ada itu sudah tertuliskan sesuai dengan takdir Allah SWT.

"Sesungguhnya awal yang Allah ciptakan (setelah 'arsy, air dan angin) adalah qalam (pena), kemudian Allah berfirman, "Tulislah". Pena berkata, "Apa yang harus aku tulis". Allah berfirman, "Tulislah takdir berbagai kejadian dan yang terjadi selamanya." (HR. Tirmidzi no. 2155. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Intinya semua yang terjadi sudah tertulis dan tercatat, seperti halnya pekerjaan (rezeki), jodoh dan maut. Pekerjaan halal itu barokah bila dilakukan dengan ikhlas, telaten dan istiqomah. Semangat terus sang pejuang keluarga.

Di saat covid ini banyak sekali hal yang terjadi dan dirasakan, selain pembelajaran daring untuk kelas siswa siswi saya ternyata ada kebiasaan baru yang bikin paket internet dan wifi melonjak draktis yaitu kebiasaan ngulik dunia selebriti. Semua berita aktual hingga gosip hampir saya singgahi, tidak ketinggalan berita gosip terpopuler para artis yaitu kisah asmara penyanyi dangdut L dan B yang bikin bapar, ada pula artis At dengan Au, R dengan Aq, K dengan Rt, Bs dengan Am, anak penyanyi kondang D dengan Ac dan yang lainnya. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline