Lihat ke Halaman Asli

kupasotomotif

pengamat otomotif

Ini yang Bikin Oli Mesin Berbeda walau SAE Sama, Kemampuan Anti Gesek Tidak Penting

Diperbarui: 8 Mei 2020   02:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

practicalmotoring.com.au

Banyak yang bilang bahwa pilih oli bisa merek sembarang karena yang penting SAEnya sesuai dengan yang dibutuhkan kendaraan. Disebut hanya tinggal pilih harga dan pilihan merek sesuai dengan selera. Selama SAE sudah pas, dijamin pemakaian akan ok.

Pendapat ini salah.

Kita asumsikan bahwa apa yang tertera pada bungkus oli jujur (sebenarnya tidak). Walau mempunyai kekentalan yang sama, kemampuan oli bisa berbeda jauh. Sayangnya, kemampuan ini sering tidak bisa dilihat dari spesifikasi.

Mungkin pembaca pernah lihat bahwa ada oli yang pada bungkusnya menunjukkan tingkat kemampuan dari oli mesin berdasar dari tipenya.

by irfan1908

Hal yang hampir sama kadang kita temukan pada saat seorang sales oli mesin membandingkan oli mereka dengan produk lain.  Tapi apa benar oli mesin bisa berbeda seperti itu walau SAEnya sama?

Benar. Tapi seringnya tidak seperti yang diungkapkan oleh sales oli mesin. Dan yang mengejutkan, oli lebih mahal belum tentu lebih baik dari oli yang murah.

Bagi penulis yang paling utama dari sebuah oli adalah kemampuan untuk menjaga kestabilan kekentalan oli mesin dan daya pelicin bahan oli mesin. Ini karena penulis bukan tipe yang menggunakan kendaraan dengan gaya berkendara eco. 

Sayangnya keduanya jarang disebut di spesifikasi. Tapi kestabilan kekentalan oli bisa diketahui dari konsistensi suara mesin tetap halus walau kendaraan dipakai kencang atau dipakai lama.

Sementara itu daya pelicin bahan oli mesin bisa diketahui dari suara mesin yang tetap halus di rpm rendah baik pada saat mesin baru dinyalakan atau pada saat macet di jalan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline