Lihat ke Halaman Asli

Apakah Anda Terkena Tipu Daya Distributor Mesin Kangen?

Diperbarui: 24 Mei 2016   20:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Di masa yang akan datang, Enagic harus mengubah rencana pemasaran mereka secara radikal dan menurunkan harga mesin ionisasi air Kangen agar bisa tetap menjalankan bisnis mereka di Amerika Serikat. Saya yakin bahwa saat ini, mereka masih berusaha mengeksploitasi kegalauan konsumen Amerika Serikat dan masih menjalankan bisnis yang tidak bermoral. Karena hampir semua perusahaan seperti itu, bisakah Anda menyalahkan mereka? 

Enagic sadar bahwa sebagian besar dari konsumen mereka adalah orang-orang tua yang sakit-sakitan dan lemah karena usia renta mereka. Enagic juga tahu bahwa bagi konsumen mereka yang berusia lanjut, manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh mesin Kangen tidak terhitung oleh uang karena para konsumen tersebut tidak akan mematok harga untuk kesehatan mereka, seperti halnya orang-orang yang lebih muda dan sehat juga tidak akan mematok harga untuk kesehatan mereka. 

Kebanyakan orang yang membeli mesin Kangen berusia di atas 40 atau 50 tahun, dan lebih banyak lagi yang berusia di atas 65 tahun. Kebanyakan orang-orang berusia lanjut ini tidak memiliki alamat email atau—kalaupun mereka memilikinya—mereka tidak menggunakannya dengan rutin. Mereka juga cukup buta akan teknologi internet. Mereka hampir tidak mungkin menjelajahi internet untuk membaca tulisan ini atau tulisan-tulisan lain yang membeberkan rahasia-rahasia Kangen dan Enagic. Mereka hanya mendapatkan informasi dari para distributor yang menawarkan mesin Kangen secara personal. Mereka tidak bisa melakukan penyelidikan yang sempurna terhadap berbagai kompetitor Enagic yang juga menawarkan mesin ionisasi air alkali.

Apakah Anda Tengah Dieksploitasi Oleh Distributor Mesin Kangen?

Jika Anda termasuk orang-orang berusia lanjut yang tidak tahu cara menggunakan internet, besar kemungkinan Anda akan tereksploitasi. Distributor Enagic akan berkata kepada Anda bahwa Kangen adalah produk “berstandar emas” dan bahwa mesin tersebut lebih baik daripada mesin-mesin lainnya. Sayangnya, kecil kemungkinan Anda membaca tulisan ini dan distributor Kangen akan dengan mudah memanfaatkan kelemahan tersebut. Jika Anda mencoba bertanya kepada mereka tentang kompetitor Enagic, mereka akan memberikan beberapa jawaban lihai seperti:

  • Mesin yang murah tidak memiliki kualitas yang sama dengan kualitas Kangen.
  • Kangen pasti lebih baik. Coba pikir mengapa mesin tersebut bisa begitu murah?
  • Kangen berstandar emas. Itulah mengapa harganya mahal.
  • Kangen yang terbaik. Itulah mengapa Kangen menetapkan standar emas.
  • Mesin yang murah tidak bekerja dengan baik dan sangat mudah rusak.
  • Mesin tersebut tidak melakukan proses micro-clustering.
  • Mesin tersebut tidak mengubah derajat keasaman.
  • Mesin tersebut tidak memiliki ORP (potensial oksidasi-reduksi).
  • Mesin tersebut akan berhenti bekerja setelah beberapa bulan atau satu tahun.
  • Mesin tersebut tidak memiliki pelat-pelat yang sama dengan yang ada pada Kangen.
  • Perusahaan pembuatnya akan segera bangkrut dan Anda tidak akan bisa lagi membeli saringan pengganti untuk mesin yang Anda gunakan.
  • Dan berbagai jawaban lainnya.

Para distributor akan mengatakan apapun yang mereka bisa, termasuk kebohongan, untuk menyatakan bahwa kompetitor Kangen adalah produk rendahan dan murahan. Tentu saja mereka tidak bisa dipersalahkan, Anda tidak bisa menuntut mereka, Anda tidak bisa menuntut Enagic atau Kangen untuk segala kebohongan yang Anda dengar. Para distributor adalah agen pemasaran independen yang tidak memiliki ikatan dengan Enagic selain bahwa mereka akan mendapat komisi untuk setiap produk yang terjual. 

Enagic tidak bertanggung jawab akan apapun yang mereka katakan. Yang Anda bisa lakukan adalah membuktikan di persidangan bahwa Anda telah dibohongi. Hal ini berarti bahwa Anda harus menyewa pengacara dan menjalani segala kerumitan perkara hukum. Setelah segala kesukaran tersebut, apa yang Anda dapatkan? Kalaupun Anda berhasil menggugat sang distributor, ia hanyalah seorang pedagang kecil yang tidak berduit banyak. 

Agar Anda tidak tereksploitasi, berikan pertanyaan-pertanyaan berikut ini kepada distributor yang menawarkan mesin Kangen kepada Anda.

  1. Jika Enagic lebih baik, mengapa garansi mesin ionisasi air Kangen hanya berlaku selama 5 tahun dan mengapa merek-merek lain menawarkan garansi dengan jangka waktu lebih lama?
  2. Mengapa Enagic menawarkan polis pengembalian barang hanya selama 30 hari untuk produk yang tidak dibuka dan tidak digunakan? Apakah Enagic takut kalau saya membuka dan menggunakan mesinnya, pikiran saya akan berubah?
  3. Mengapa mesin Enagic harus menggunakan cairan peningkat elektrolisis kimiawi sementara merek-merek lain tidak menggunakannya?
  4. Mengapa Enagic tidak menggunakan sistem filtrasi internal dua tingkat di dalam mesinnya sementara merek-merek lain menggunakannya?
  5. Mengapa Enagic tidak memiliki satu pun mesin ionisasi air yang menggunakan catu daya SMPS (Switch Mode Power Supply) yang dianggap lebih efisien?
  6. Benarkah bahwa trafo mesin akan terbakar setelah jangka waktu 5 tahun dan apakah itu alasan mengapa garansi mesin hanya berlaku selama 5 tahun?
  7. Mengapa Anda harus membersihkan mesin secara manual setiap 3 hingga 6 bulan dengan alat pembersih khusus? Mengapa mesin tersebut tidak memiliki fungsi pembersih otomatis?
  8. Mengapa polis pengembalian barang berkurang menjadi hanya 7 hari jika saya membuka dan menggunakan mesin?
  9. Apakah saya harus membayar $500 untuk biaya restocking jika saya membuka dan menggunakan mesin kemudian mengembalikannya sebelum jangka waktu 7 hari berakhir?

Baca artikel selanjutnya:

ApaPendapat Better Business Bureau (BBB—Biro Bisnis yang Lebih Baik) tentang Enagic?




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline