Lihat ke Halaman Asli

Harmoni dan Bentuk Struktur Lagu

Diperbarui: 26 Juni 2015   10:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

*

HARMONI

Harmoni bisa diartikan sebagai ilmu untuk menyusun dan menyambung akor-akor. Harmoni juga dapat pula dikatakan sebagai paduan nada, yaitu paduan bunyi nyanyian atau permainan musik yang menggunakan dua nada atau lebih yang berbeda tinggi nadanya dan dibunyikan secara serentak.

Dari beberapa pengertian tersebut terjadinya harmoni yaitu dari bunyi dua nada atau lebih secara bersama-sama dalam satuan akornya. Oleh karena itu akor menjadi dasar harmoni.

Harmoni mempunyai suatu manfaat penting yaitu sebagai dasar ataupun patokan pengetahuan dan keterampilan dalam menyelenggarakan musik yang disertai dengan latihan dan praktek secara sungguh-sungguh dalam memainkanmusik ataupun bernyanyi, sehingga diperoleh pengetahuan, kesenangan, apresiasi, dan keterampilan tentang dunia musik.

BENTUK STRUKTUR LAGU

Bentuk ataupunstruktur lagu itu merupakan susunan dan hubungan antara unsur musik dalam suatu lagu, sehingga menghasilkam suatu komposisi atau lagu yang bermakna atau mempunyai suatu arti.

Komposisi adalah mencipta suatu lagu. Dasar pembentukan lagu mencakup pengulangan satu bagian lagu yang disebut repetisi, pengulangan dengan berbagai perubahan atau yang disebut dengan variasi ataupun sekuen, serta penambahan bagian yang baru yang berlainan atau berlawanan (kontras), dengan selalu memperhatikan keseimbangan antara pengulangan dan perubahannya.

Untuk memahami struktur lagu dapat diperbandingkan dengan struktur kalimat dalam bahasa, yaitu :

huruf = not

kata = motif

frase = frase

kalimat = kalimat musik

bait = alinea

lagu = karya (misal : puisi)

Nah….dalam sebuah lagu itu terdiri dari beberapa kalimat musik dan jumlah kalimat musik tergantung pada panjang pendeknya lagu. Lagu yang paling sederhana terdiri dari empat atau delapan birama.

Lagu terdiri dari beberapa bagian, yaitu sebagai berikut :


  1. Unsur-unsur struktur lagu

  1. Motif
  2. Frase
  3. Kalimat musik
  4. Fungsi frase
  5. Hubungan frase


  1. Bentuk lagu

  1. Lagu bentuk 1 atau tunggal
  2. Lagu bentuk 2 atau binear

Nah teman-temanku….semoga bisa menambah wawasan kita tentang musik….. Yang semangat ya bacanya… Thanks.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline