Hari terakhir Diklat Online tentang kelas proyek dalam P5 disampaikan oleh ibu Hera Nopiyanti, S.S, M.Pd. menutup dengan materi bagaimana implementasi Proyek dalam P5 pada level sekolah.
Sesi dibuka dengan pertanyaan yang mendasar, apa itu Profil ? Profil Pelajar Pancasila ? Kepada peserta dan dijawab melalui chat.
Beliau menjelaskan bahwa Profil Pelajar Pancasila dimaknai sebagai Karakter dan Kemampuan yang dibangun dalam keseharian dan dihidupkan dalam diri setiap individu peserta didik melalui 4 pendekatan.
Sehingga Visi Pendidikan Indonesia yang dibangun mengarah kepada "Terwujudnya Indonesia maju yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian melalui terciptanya pelajar pancasila ".
Bagaimana mengimplementasikan di level sekolah ?
Seperti yang sudah disampaikan pada hari keempat Oleh bu Nurul ada 3 tahapan besar yang perlu disiapkan oleh sekolah. Kemudian bu Hera melengkapi dengan lebih rinci agar pelaksanaannya lebih jelas berupa alur perencanaan proyek profil : Membentuk tim Fasilitator, Mengidentifikasi tingkat Kesiapan, Merancang Dimensi, Tema dan Alokasi Waktu, Menyusun Modul Proyek dan Merancang Strategi Pelaporan Hasil Proyek.
Bagian terakhir dari implementasi proyek adalah Asesmen atau Penilaian. Apa saja yang perlu di asesmen antara lain adalah Berkolaborasi, Berfikir Kritis, Memecahkan Masalah dan Mengeksplorasi Ide serta Gagasan.
Selesai.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H