Lihat ke Halaman Asli

Kuncoro Bayu

Lecturer, Writer, Citizen Journalist

Tim Pengabdi FISIP UNNES Dukung Pembinaan Prestasi SMPN 2 Semarang

Diperbarui: 6 November 2023   20:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Prestasi akademik merupakan salah satu bagian penting untuk menunjukkan reputasi dan eksistensi suatu lembaga pendidikan di tengah masyarakat. Di tingkat sekolah menengah terdapat sejumlah kompetisi yang menjadi sarana meningkatkan reputasi dan eksistensi sekolah, salah satunya adalah Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek. 

OSN merupakan ajang bergengsi bagi sekolah–sekolah di Indonesia untuk menunjukkan kualitas sekolah. Akan tetapi selama ini banyak sekolah yang mengalami tantangan dalam mempersiapkan siswa mengikuti kompetisi OSN dikarenakan tingkat kesulitan materi dalam seleksi yang memiliki standar di atas materi pembelajaran sehari-hari. Sekolah maupun guru pendamping seringkali mengeluhkan beratnya pembinaan prestasi khususnya dalam mempersiapkan kompetisi OSN sehingga seringkali tidak memperoleh hasil maksimal. Di jenjang SMP, salah satu mata lomba OSN adalah Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Guru pendamping IPS mengalami banyak tantangan karena materi IPS merupakan integrasi dari beberapa disiplin ilmu yaitu Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi, padahal rata-rata mereka berasal hanya memiliki kompetensi pada salah satu disiplin ilmu saja.

Melihat permasalahan tersebut, tim pengabdian masyarakat FISIP UNNES yang diketuai oleh Kuncoro Bayu Prasetyo, S.Ant.,M.A. menyelenggarakan program pengabdian kepada masyarakat di SMP N 2 Kota Semarang dengan tajuk "Pendampingan Pembinaan Prestasi Akademik Berbasis Ilmu Sosial di SMP N 2 Kota Semarang".  kegiatan diselenggarakan selama 8 kali pertemuan dengan alokasi waktu setiap pertemuan selama 2 (dua) jam. Kegiatan diselenggarakan setiap hari Jumat jam 07.00 - 09.00 WIB mulai tanggal 13 Oktober hinggal 1 Desember 2023. Kegiatan diikuti oleh 6 orang siswa kelas 7 dan 8 yang sudah diseleksi pihak sekolah dan dipersiapkan sebagai tim inti OSN IPS SMP N 2 Kota Semarang. 

Program tersebut memperoleh sambutan yang baik dari pihak sekolah. Guru Pembina IPS SMP N 2 Kota Semarang, Dra. Sri Susilowati, M.Pd menyambut baik dan merasa bersyukur dapat bekerjasama dengan Tim Pembina OSN IPS dari FISIP UNNES. "Program Pendampingan ini selain untuk memperkuat pemahaman siswa terhadap materi lomba, juga sangat membantu meningkatkan motivasi dan penguatan mental siswa sehingga lebih siap menghadapi kompetisi OSN", ungkap Bu Susi saat dimintai pendapatnya tentang program ini.

Program Pendampingan Pembinaan Prestasi Akademik yang dilakukan oleh tim pengabdi FISIP UNNES diharapkan   dapat memperkuat jalinan kerjamasa FISIP UNNES dengan mitra lembaga sekolah khususnya SMPN 2 Kota Semarang, dan pada akhirnya mampu membantu meningkatkan dan mempertahankan prestasi SMP N 2 Kota Semarang di level nasional. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline