Lihat ke Halaman Asli

Pasar Ritel, Persaingan, Strategi Penjualannya

Diperbarui: 27 Oktober 2023   05:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Apa itu Pasar ritel?

Pasar ritel atau bisnis ritel merupakan usaha yang didalamnya terdapat penjualan barang dan jasa kepada konsumen dengan cara di ecer atau satuan.

Pasar ritel memiliki beberapa karakteristik sebagai berikut :

1.Transaksi secara langsung

Bisnis ritel merupakan bisnis yang dimana kita harus melakukan transaksi secara langsung dengan para konsumen,  sehingga bisnis ini sekaligus menjadi cara untuk kita mengetahui karakter konsumen dan keadan pasar secara langsung.

2.Memerlukan Sistem pembayaran yang mudah

Bisnis ini memerlukan sistem pembayaran yang mudah karena kita dihadapkan secara langsung dengan konsumen sehingga memerlukan proses transaksi yang cepat dan mudah agar konsumen tidak lama menunggu.

3.Perlu pemahaman tentang harga pasar

Untuk terjun dibisnis perekonomian tentunya kita harus paham tentang harga pasar. Begitu juga dalam bisnis ritel, kita harus bisa memahami harga dan persaingan didalam pasar. Jika kita tidak paham terhadap harga pasar maka kita akan mengalami kesulitan dalam penjualan.

4.Memiliki potensi yang cukup besar

Pasar ritel sangat berpotensi mengingat bisnis ini memiliki konsumen perorangan yang selalu bertambah.  Bahkan, pasar ritel di Indonesia berhasil berada diperingkat 4 pada global retail development indeks.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline