Mampu membekali lulusan dengan kompetensi komprehensif meliputi aspek hard skills Merdeka Belajar Kampus Merdeka merupakan kebijakan yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan/keahlian yang berguna untuk memasuki dunia kerja dan masa depan.
Kampus Merdeka memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memilih mata kuliah maupun kegiatan yang dapat diambil guna mengembangkan potensinya secara optimal. Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi menegaskan bahwa pemenuhan masa dan beban belajar bagi mahasiswa program sarjana atau sarjana terapan dapat dilaksanakan seluruhnya dalam program studi pada perguruan tinggi atau memenuhi sebagian masa dan beban belajar dalam proses pembelajaran di luar program studi. Kampus Mengajar sebagai bagian dari implementasi kebijakan Kampus Merdeka merupakan program strategis yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa. Kampus Mengajar menghadirkan mahasiswa untuk membantu pengembangan pembelajaran terutama untuk meningkatkan kompetensi literasi dan numerasi, melakukan adaptasi teknologi, aktualisasi minat dan potensi sesuai bidang studi masing-masing di Sekolah Dasar maupun Sekolah Menengah Pertama. Mahasiswa hadir sebagai partner guru dalam mengembangkan kreativitas dan inovasi pembelajaran. Melalui berbagai kegiatan nyata tersebut diharapkan menumbuhkan jiwa sosial, kepedulian, kepemimpinan, pemecahan masalah, berpikir kritis, dan soft skills lainnya yang sangat dibutuhkan di masa depan. Kampus Mengajar merupakan sebuah program yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa selama satu semester untuk membantu para guru untuk mengajar. Hal tersebut dilakukan di sekolah jenjang SD dan SMP yang dalam pelaksanaan kegiatan pembelajarannya terdampak pandemi Covid-19.
Secara umum Program Kampus Mengajar bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk turut serta mengajarkan dan memperdalam ilmunya dengan cara membantu proses pengajaran di SD dan SMP di daerah yang ditetapkan Kemendikbudristek. Selain itu, program ini bertujuan antara lain:
Membantu meningkatkan kompetensi literasi dan numerasi peserta didik pada tingkat pendidikan dasar;
Menanamkan empati dan kepekaan sosial pada diri mahasiswa terhadap permasalahan kehidupan kemasyarakatan yang ada di sekitarnya;
Mengembangkan wawasan dan mengasah keterampilan berpikir dalam bekerja bersama lintas bidang ilmu dan ragam asal mahasiswa dalam menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi;
Memberi manfaat bagi mahasiswa untuk mengasah jiwa kepemimpinan, soft skills, dan karakter dalam berinovasi dan berkolaborasi dengan guru di SD dan SMP untuk meningkatkan kualitas pembelajaran;
Mendorong dan memacu pembangunan nasional dengan menumbuhkan motivasi masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan;
Meningkatkan peran dan kontribusi nyata perguruan tinggi dan mahasiswa dalam pembangunan nasional;
Memberikan inspirasi dan motivasi belajar peserta didik serta mengenalkan keragaman budaya nusantara, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dibawa mahasiswa.
Pentingnya pendidikan sering kali disepelekan. Selain menjadi sarana untuk menambah wawasan, pendidikan pun dapat mengasah kemampuan dalam menyelesaikan masalah, meningkatkan perekonomian, hingga menciptakan kesempatan kerja yang lebih baik. Pentingnya pendidikan tidak boleh diremehkan dan perlu ditanamkan sejak dini. Kampus Mengajar adalah sebuah program yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa selama 1 (satu) semester untuk membantu para guru dan kepala sekolah jenjang SD dan SMP dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang terdampak pandemi.
Mahasiswa peserta Kampus Mengajar Angkatan 3 Tahun 2022 akan dikelompokkan dan ditugaskan ke SD dan SMP dengan fokus kegiatan yang berbeda dan mendapat materi pembekalan sesuai dengan kebutuhan selama penugasan. Ketika penugasan mahasiswa juga akan mendapatkan tambahan materi sebagai bentuk pengayaan dan peningkatan kemampuan agar lebih maksimal dalam membuat rencana kegiatan di sekolah. Kegiatan penugasan meliputi kegiatan awal penugasan, kegiatan harian, kegiatan mingguan, dan penyusunan laporan akhir.
Pelaksanaan program Kampus Mengajar 3 yang dijalankan yakni di SDN Cipete beralamat di Sukalaksana, Curug, Kota Serang. Jumlah siswa perkelas dari SDN Cipete 3 yakni 30 siswa dalam setiap kelasnya. Penggunaan kurikulum yakni kurikulum 2013 edisi revisi 2018. Kegiatan ekstrakurikuler yang ada yakni pencak silat dan pramuka. Kegiatan Kampus Mengajar ini berlangsung sejak Februari hingga Juni yang dilaksanakan oleh 5 orang mahasiswa. Beberapa program kerja dan kegiatan yang terlaksana yakni Lingomart (Literasi Going to Smart), pengenalan teknologi, pengenalan media berbasis non teknologi, pembelajaran di luar kelas, bimbingan kegiatan lomba, AKM kelas, praktik ketika belajar, mengajar di kelas, pengenalan profil Pancasila, membantu kegiatan administrasi, dan penampilan Pensi. Rangkaian kegiatan berlangsung dengan baik sehingga memberikan kebermanfaatan terutama dalam memajukan kualitas pendidikan di SD Negeri Cipete 3. Besar harapan saya untuk keberlanjutan dari program ini karena memiliki manfaat yang luar biasa meskipun sekecil apapun memulai. Serta tak kalah penting juga peran guru dan siswa ditingkatkan agar terciptanya pendidikan yang bermoral dan saling berkesinambungan antar satu dengan lainnya.
AKM kelas siswa (pre-test dan post-test). AKM dimaksudkan untuk peningkatan pembelajaran literasi dan numerasi siswa SD. Sasarannya yakni siswa kelas 5 SDN Cipete 3.
Pegenalan aplikasi solite kids. Aplikasi solite kids merupakan salah satu aplikasi yang dapat dijalankan pada android dan laptop. Aaplikasi ini diperuntukkan pada kelas rendah yakni 1-3. Pada saat pelaksanaan penggunaan aplikasi ini dijalankan pada siswa kelas 1 dengan materi pembelajaran penjumlahan, pengurangan, dan soal cerita.
Pengenalan media belajar power point. Media belajar ini dikenalkan pada siswa kelas 3, yakni pada materi “Cuaca”.
Pengenalan media belajar video interaktif. Tayangan video terasa menyenangkan untuk anak usia SD sehingga penanyangan ini digunakan pada saat menjelaskan prose terjadinya hujan. Sasaran pada kegiatan ini yaitu siswa kelas 3.
Quizziz. Quizziz merupakan aplikasi yang sering digunakann untuk menjawab soal. Namun keterbatasan penggunaan gadget dan laptop kita manfaatkan sebagai sarana anak-anak untuk belajar secara kelompok guna menimngkatkan kebersamaan, rasa solidaritas dengan sesama teman, dan saling tolong menolong.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H