Lihat ke Halaman Asli

Cara Ampuh Agar Mudah Closing!

Diperbarui: 3 Juli 2020   10:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Teknik closing adalah poin paling penting dalam berjalannya bisnis online. Teknik ini yang akan menentukan kesuksesan anda menjual produk, apakah calon customer akan membeli atau tidak.

Bisa dikatakan juga bahwa teknik closing merupakan trik chatting dengan calon customer yang nantinya akan mwmbuat mereka mau melakukan pembelian. Anda bisa dikatakan berhasil melakukan closing apabila calon cutomer melakukan transaksi pembayaran.

Calon customer sudah mulai tertarik apabila mereka banyak bertanya mengenai produk yang anda tawarkan. Di sini lah saatnya anda meyakinkan dan mengarahkan agar mereka mau melakukan transaksi.

Melakukan closing memang memerlukan ilmu, tidak bisa sembarangan. Dalam artikel ini anda akan diberitahu mengenai teknik-teknik closing yang ampuh dan mudah. Simak pembahasannya berikut.

Tips Closing yang Ampung dan Menghasilkan

Sebelum menerapkan teknik closing, anda perlu mengetahui apa saja tahaoan dalam berjualan. Perlu anda ingat bahwa berjualan merupakan sebuah proses, yang artinya tidak mungkin anda langsung closing saat pertama kali bertemu calon customer.

Langkah pertama yang dilakukan adalah membangun kedekatan dengan calon customer, setelah itu cari tahu apa yang mereka butuh dan inginkah, atau apa yang menjadi masalah mereka. Setelah melakukan tahap tersebut, anda bisa mulai tawarkan produk anda sebagai solusi, dengan melakukan tahapan di atas akan membuka peluang anda untuk closing.

Hindari Customer Berkata "Tidak"

Terapkan pertanyaan-pertanyaan berikut untuk menghindari jawaban "tidak".

  • "model yang mana yang lebih anda suka? A atau B?"
  • "mau bayar tunai atau kredit?"
  • "mau dikirim atau diambil?", dan lain-lain.

Pertanyaan di atas akan menghindarkan calon customer berkata "tidak", namun perlu diingat bahwa pertanyaan tersebut bisa dilakukan ketika sudah benar-benar pada tahap pendekatan dengan calon customer.

Now or Never

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline