Lihat ke Halaman Asli

Etika Berkomunikasi dengan Teman Tuli

Diperbarui: 20 November 2022   17:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

hai teman-teman, tentunya kalian tidak asing dengan kata "Tuli". Ya, Tuli merupakan suatu kondisi dimana seseorang mengalami kehilangan pendengaran dengan ambang batas tertentu setelah melalui tes pendengaran. Sebelumnya dalam tulisan ini saya akan menggunakan kata "Tuli" bagi kawan Tuli, dan kata "Dengar" bagi teman-teman yang bisa mendengar pada umumnya. 

Bagi teman Tuli, komunikasi mereka adalah dengan menggunakan bahasa isyarat. Tentunya untuk bahasa isyarat yang digunakan oleh teman-teman tuli kebanyakan saat ini adalah Bahasa Isyarat Indonesia atau sering disingkat Bisindo. Bisindo ini diciptakan dan dikembangkan oleh teman-teman Tuli itu sendiri. 

Di era digitalisasi inklusif ini, teman-teman tuli membutuhkan banyak aksesibilitas tentunya dalam hal penerjemah bahasa isyarat. Teman-teman dengar tentunya tidak perlu kuatir saat bertemu dengan teman-teman tuli. Berikut beberapa etika berkomunikasi dengan teman tuli :

1. Apabila teman dengar tidak bisa bahasa isyarat, silahkan menggunakan bahasa oral saat berkomunikasi dengan teman Tuli. Tentunya dalam penggunaan bahasa oral, teman-teman dengar harus mengucapkan kata atau kalimat yang akan disampaikan kepada teman-teman tuli dengan pelafalan yang jelas.

2. Pada saat berkomunikasi, usahakan posisi duduk teman dengar dan teman tuli saling berhadapan sehingga saat penyampaikan informasi ke teman tuli tidak terjadi salah persepsi karena pandangan yang kurang jelas.

3. Saat teman tuli mengalami kesulitan dalam mengartikan kata yang disampaikan teman dengar, teman dengar boleh menuliskan di secarik kertas atau notes pada gadget untuk disampaikan maksudnya ke teman Tuli.

4. Gunakan mimik dan ekspresi wajah yang ekspresif kepada teman tuli agar menyampaian informasi dapat lebih jelas dan diterima dengan benar oleh teman tuli.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline