Lihat ke Halaman Asli

Kukhairi

Kukhairi

Rahasia Belajar Tanpa Stres: Belajar Cerdas, Hasil Optimal Tanpa Tekanan

Diperbarui: 15 November 2023   16:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

pixabay.com

Belajar bukan hanya sekadar kewajiban, tetapi sebuah keharusan. Di tengah zaman yang semakin berkembang, tentunya kita dituntut agar dapat memanfaatkan segala sesuatu yang ada saat ini untuk digunakan sebagai sumber pembelajaran. Nah, dari konteks tersebut tentunya hal ini dilatarbelakangi oleh kemudahan akan akses internet yang semakin maju sehingga dapat membantu kita dalam menjalani proses pembelajaran, baik di rumah maupun sekolah. Namun, meskipun terdapat berbagai macam situs pembelajaran di internet yang dapat diakses dengan mudah, tetapi tidak sedikit dari kita sebagai para pelajar maupun mahasiswa sering merasakan yang namanya stres dan jenuh ketika berada dalam proses belajar. Nah, hal ini kemungkinan dapat terjadi apabila kita salah dalam menerapkan metode belajar yang efektif, sehingga dari hal tersebut membuat proses pembelajaran jadi terhambat dan tidak efektif.

Sebagian dari kita mungkin sudah pernah atau mengetahui tentang teknik belajar pomodoro. Sudah banyak sekali yang menggunakan teknik ini. Teknik ini tidak hanya bisa dilakukan oleh pelajar saja, tetapi bisa juga dilakukan oleh orang-orang yang ingin bisa mengatur waktu mereka dengan baik agar jadi lebih produktif. Saya sendiri sering menggunakan teknik belajar ini, karena teknik ini benar-benar sangat membantu dan tidak membuat stres ketika belajar.

Sebelum lanjut ke pembahasan, mungkin dari kita ada juga yang belum mengetahui tentang teknik belajar ini. Teknik pomodoro sendiri merupakan sistem manajemen waktu yang menggugah orang untuk bekerja atau belajar secara fokus dalam rentang waktu yang mereka miliki. Nah, untuk bisa menerapkan teknik ini pada proses pembelajaran, hal pertama yang perlu dilakukan adalah menjauhkan terlebih dahulu hal-hal yang dapat membuat kita terdistraksi ketika sedang belajar. Hal ini dibutuhkan karena untuk bisa menerapkan teknik belajar pomodoro pada proses pembelajaran, kita terlebih dahulu harus memiliki fokus yang tinggi. Sehingga dapat membantu kita agar bisa belajar dengan lebih efektif. Selain itu, kita juga perlu mengetahui kapan waktu yang tepat atau tidaknya untuk belajar.

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah memilih terlebih dahulu materi mana yang ingin dipelajari. Kita dapat memilihnya dari tingkat yang membutuhkan waktu lebih lama hingga ke tingkat yang hanya membutuhkan waktu lebih sedikit untuk dipelajari. Setelah memilih materi mana yang ingin dipelajari, langkah selanjutnya kita harus menentukan atau membagi waktu antara belajar dengan istirahat. 

Untuk waktu, kalian bisa menentukannya sendiri sesuai dengan kebutuhan dan keperluan masing-masing. Akan tetapi, kebanyakan dari orang-orang sering membagi waktunya menjadi 50 menit untuk belajar dan 10 menit untuk istirahat. Namun, biasanya saya membagi waktu selama kurang lebih 100 menit atau sekitar 1 jam 40 menit untuk belajar dan 20 menit untuk istirahat. Karena bagi saya waktu 50 menit untuk belajar dan 10 menit untuk istirahat dirasa terlalu singkat.

 

pixabay.com

Selama 1 jam 40 menit itu, saya gunakan untuk fokus ke hal-hal yang ingin dipelajari, mulai dari mencatat, membaca, latihan soal maupun melihat video pembelajaran yang ada di internet dan juga aplikasi belajar. Untuk waktu istirahat selama 20 menit, biasanya saya melakukan aktivitas-aktivitas yang disukai, misalnya nonton anime, YouTube, makan, ataupun melihat media sosial. Nah, setelah waktu istirahat selesai, maka bisa dilanjutkan kembali secara berulang-ulang proses belajarnya supaya bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Akan tetapi, setelah melakukan teknik ini selama 2 sampai 3 kali berulang-ulang, maka kalian boleh memperbanyak waktu istirahat agar otak dapat kembali segar dan tidak jadi stres.  

          

Selain belajar menggunakan teknik pomodoro, biasanya saya juga menggunakan teknik feynman. Teknik feynman ini adalah teknik belajar dengan mengajarkan suatu hal kepada orang lain. Teknik ini tidak harus dilakukan langsung kepada orang lain, tetapi juga dapat dilakukan pada cermin ataupun benda-benda yang ada di sekitar kita. Jadi, seolah-olah kita sedang mengajarkan materi kepada orang lain. Dampak yang diberikan sangatlah bermanfaat, karena kita dapat menyerap ilmu dengan cepat dan juga sangat menyenangkan untuk dilakukan. Seringkali saya menggunakan teknik ini ketika sedang menjelang ujian semester ataupun ketika hendak melaksanakan ulangan harian, karena dapat membuat kita jadi lebih cepat paham dan bisa dengan mudah mengerjakan soal ujian.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline