Lihat ke Halaman Asli

Kukhairi

Kukhairi

Cara Ampuh dalam Mengelola Waktu

Diperbarui: 16 November 2021   20:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Waktu adalah uang. Ungkapan tersebut bermakna bahwa waktu sangatlah berharga. Di masa pandemi ini, kita dituntut agar bisa mengelola waktu dengan baik dan efisien. Lalu, apa sebabnya? 

Dalam sehari kita memiliki waktu yang terbatas, yaitu selama 24 jam. Nah, jika dalam sehari kita harus melakukan berbagai aktivitas seperti belajar atau kerja, bersosialisasi, dan tidur, maka akan sulit untuk bisa melaksanakan ketiganya secara maksimal.

Dalam buku berjudul The One Thing karya Gary Keller dan Jay Papasan, mengatakan bahwa kita tidak mungkin bisa melakukan semua hal sekaligus. Kita harus mencari satu hal yang dianggap paling penting dan menjadi prioritas. 

Maka dari itu, kita harus bisa memiliki sistem pengelolaan waktu yang baik, agar bisa lebih efektif dalam menentukan kegiatan mana yang harus didahulukan atau diprioritaskan.

Nah, cara terbaik agar kita bisa mengatur atau mengelola waktu dapat dilakukan dengan atur fokus terlebih dahulu. Kenapa demikian? Ya, karena jika kita bisa atur fokus ke satu hal terlebih dahulu dengan baik, maka kemungkinan untuk mendapatkan hasil yang maksimal akan lebih besar dibandingkan kalau melakukannya secara multitasking

Kenapa multitasking tidak disarankan? Karena hasil yang didapat tidak akan maksimal, meskipun kita dapat menyelesaikan suatu pekerjaan dengan lebih cepat.

Jika sudah bisa atur fokus dengan baik, maka kita dapat lebih mudah dalam membagi waktu antara belajar atau kerja, bersosialisasi, dan tidur, tanpa harus meninggalkan salah satu dari aktivitas tersebut. Terus, bagaimana sih caranya? Nah, berikut ini adalah cara ampuh dalam mengelola waktu yang dapat dipraktikkan oleh semua orang.


1.Cari tahu atau kenali apa tujuanmu


Mencari tahu atau mengenal apa tujuanmu dapat membantu kita dalam menentukan apa yang ingin dicapai. Tujuan sangat berpengaruh dalam hidup kita. Tanpa tujuan yang jelas, kita tidak mungkin bakal melangkah maju untuk mengejar ketertinggalan dari orang lain. 

Begitu pula dalam mengelola waktu. Dalam mengelola waktu, tentunya kita harus memiliki tujuan yang jelas, entah itu agar harimu bisa lebih produktif ataupun lain sebagainya.


2.Buatlah skala prioritas yang sesuai denganmu

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline