Lihat ke Halaman Asli

Kiki Sosali

Humanity Enthusiast

Pesan Vinyl kepada Layanan Streaming Musik: Temenan, Yuk!

Diperbarui: 19 April 2019   00:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Suasana Record Store Day, perayaan hari toko rekaman multinegara terbesar, di Kuningan Jakarta. Sumber: Jawapos

Dua bintang beda ukuran yang lama kelamaan makin terang menjadi satu-satunya pelita dalam industri musik yang makin kelam laksana tertarik sebuah lubang hitam. Apakah keduanya bisa bersimbiosis di pasar kaum milenial?

Meski 2018 sudah lama berakhir, tak ada salahnya melihat tren pemutaran musik di tahun yang lampau. Ternyata grafiknya masih serupa seperti tahun-tahun sebelumnya. Nyaris semua media pemutar lawas yang setidaknya sampai 10 tahun lalu masih populer kini tak lagi diminati.

Dilansir dari BBC, pemain lama seperti CD dan kaset penjualannya makin sedikit, dengan CD mengalami penurunan hingga 23% di Inggris dari tahun sebelumnya.

Bahkan di Amerika, dibanding sedekade lalu, penurunannya lebih ekstrim, hingga 80%. Meski demikian, dua media masih bertahan, bahkan mengalami peningkatan penjualan: Layanan streaming musik macam Spotify dan Apple Music, serta piringan hitam.

Sudah sejak lama kedua media ini digaungkan dalam peran yang berlawanan: layanan streaming sebagai sang antagonis, dan vinyl sebagai penyelamat industri musik (karena, salah satunya, royalti artis dari setiap piringan yang terjual yang lebih tinggi dari royalti media digital macam Spotify).

Peran layanan streaming sebagai penghancur industri juga dikuatkan dengan fakta bahwa sekalipun mereka adalah sebuah industri masif (di Inggris saja, lebih dari 140 juta album diputar di layanan streaming, dengan nilai pasar mencapai 1,33 miliar Pounds), kecil sekali presentasenya digulirkan buat para artis.

Tentu kita masih ingat, insiden penolakan Taylor Swift memasang lagunya di Spotify pada 2014 lalu demi memperoleh skema bagi hasil yang lebih baik.

Meski begitu, tak bisa dipungkiri bahwa dengan menurunnya penjualan CD dan kaset, industri musik mau tidak mau harus bergantung pada kedua 'bintang' yang masih bersinar: piringan hitam (penjualan kurang dari 5 persen penjuakan musik global, lebih ditanggapi positif di industri musik) dan layanan streaming (presentasenya puluhan kali lebih besar, stigmanya negatif).

Lalu di tengah kepelikan itu, satu pertanyaan aneh tersentil di benak saya: apakah keduanya bisa saling melengkapi dalam menyasar konsumen terbesar saat ini, yakni kaum milenial?

Menurut hemat saya, ya. Di satu sisi, piringan hitam memang tengah mengalami peningkatan stagnan (hingga muncuk satu istilah keren, vinyl revival, atau kembali populernya vinyl).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline