Lihat ke Halaman Asli

KRS Igloohome

Kunci Rumah Sistema

Menjaga Kualitas Perhotelan dengan 4 Teknologi Tercanggih

Diperbarui: 6 Agustus 2020   18:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Teknologi canggih dapat membantu menjaga dan meningkatkan kualitas operasional hotel, terutama dalam kondisi pandemi.

Selama masa pandemi Covid-19, tidak sedikit perusahaan memutuskan untuk para karyawan bekerja di rumah atau Work from Home (WFH). Hal ini dapat dilakukan dengan bantuan teknologi canggih seperti gadget terkini dan berbagai aplikasi yang dapat menunjang WFH.

Namun, untuk industri perhotelan, hal ini justru merugikan. Industri perhotelan adalah salah satu bisnis yang terkena dampak signifikan akibat pandemi Covid-19.

Dampak Buruk Pandemi Covid-19 Pada Industri Perhotelan

Kondisi pandemi global Covid-19 membuat pemerintah di berbagai negara membatasi atau bahkan menutup perjalanan ke luar kota maupun luar negeri untuk wisata juga bisnis, guna mencegah penyebaran Covid-19. Oleh karena itu, industri hotel menjadi salah satu bisnis yang terkena dampak buruk yang signifikan.

Untuk mengakali situasi ini, hotel-hotel merevisi beberapa kebijakan sebagai cara untuk memprioritaskan keselamatan tamu. Untuk mendorong perjalanan yang bertanggung jawab, kebijakan pembatalan di beberapa hotel besar seperti The Hilton, The Hyatt, dan Marriott telah dimodifikasi untuk mengesampingkan biaya penalti.

Selain itu, beberapa hotel sudah mulai mengajukan inovasi baru dengan menggunakan teknologi canggih. Tidak hanya untuk meningkatkan pengalaman tamu, tetapi juga untuk memastikan keamanan dan keselamatan tamu yang merupakan prioritas utama. Berikut ini adalah teknologi tercanggih yang dapat digunakan pada hotel Anda.

Check-in Otomatis

Check-in secara otomatis sebetulnya sudah ada sejak sebelum masa pandemi. Namun, hal ini masih cukup asing dan tidak familiar bagi sebagian orang. Untuk mengurangi penyebaran dan penularan Covid-19, kontak antar manusia perlu dikurangi, sehingga check-in otomatis adalah solusi tepat untuk perhotelan.

Salah satu hotel yang telah mengadopsi sistem check-in secara otomatis untuk para tamu adalah Hotel Hilton, yang memungkinkan tamu untuk check-in menggunakan smartphone mereka. Para tamu dapat memverifikasi kode booking melalui Hilton Worldwide Honors App yang dapat diakses melalui smartphone mereka. Para tamu akan mendapat kunci digital untuk akses masuk kamar mereka saat kedatangan, tanpa perlu kontak dengan manusia.

Kunci Virtual

Teknologi canggih lain yang dapat dimanfaatkan industri perhotelan adalah kunci virtual. Melalui smartphone, kunci virtual memungkinkan tamu untuk mengakses dan mengatur jadwal penginapan mereka. Selain hal ini mengurangi kontak dengan manusia, hotel juga dapat mengurangi penggunaan plastik dengan menghilangkan kartu fisik. Ditambah lagi, penggunaan kunci virtual dinilai sebagai cara yang lebih cepat dan meningkatkan proses operasional menjadi digital.

Pelayanan Menggunakan Robot

Menjaga jarak adalah hal yang penting untuk memastikan keselamatan tamu dan staf. Namun, sulit menjaga jarak jika layanan pribadi terlibat. Untuk menghindari kontak antara tamu dan staf, robot pelayan memiliki peran penting.

Pengiriman layanan kamar, keperluan rumah tangga, dan lainnya, dapat diserahkan pada teknologi tercanggih, yaitu robot. Dengan adanya robot untuk melakukan tugas-tugas yang monoton dan memakan waktu, staf dapat lebih fokus pada para tamu.

Concierge Virtual

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline