Lihat ke Halaman Asli

ACJP Cahayahati

TERVERIFIKASI

Life traveler

Gaya Hidup Sehat dan Pulau Sayuran UNESCO

Diperbarui: 6 April 2016   14:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Daun salat dalam rumah kaca di pulau Rheichenau (Dok. pribadi)"][/caption]

Orang Sunda kalau dilepas di kebun bakal selamat hidup. Begitu olok-olok yang sering terdengar mengenai orang Sunda yang doyan sayuran mentah. Atas nama orang Sunda, saya harus tulis pembelaan di sini, banyak makan sayur itu sehat lho! Di Jerman apalagi. Makanan vegetarian bahkan sudah masuk menjadi standar menu restoran. Bahkan Mensa, kantin mahasiswa di Jerman, pun selalu menyediakan menu vegetarian dan bahkan vegan. Jadi... karena lambang halal tidak ada, ya makanan vegetarian/vegan adalah alternatif sehat menu makan siang bagi mahasiswa muslim di Jerman.

Adakah gaya hidup sehat ini berhubungan dengan tingkat pendidikan?

Gaya Hidup dan Pilihan Makanan
Bicara gaya hidup, gaya hidup orang Jerman dalam hal memilih makanan ini memang menurut saya cukup repot. Banyak sektenya... Ada jenis pemakan segala, ada bio (organik), ada vegetaria, ada vegan, ada vegan dan bio, ada vegetarian dan bio, dan akhir-akhir ini mulai ramai adalah penganut makanan makrobiotis.

Aliran makrobiotis ini tadinya saya kira baru. Eh ternyata sejarah ke belakangnya panjang hingga ke zaman antik, ke zamannya Herodot, Hippokrates dan Aristoteles. Di zaman itu, penganut makanan makrobiotik ini ternyata sudah ada. Namun, yang sekarang terkenal konon berakar dari Jepang, dari seorang dokter berkebangsaan Jepang, Sagen Ishizuka, yang hidup di tahun 1900-an. Dari situlah lalu kemudian lahir sebuah gerakan Shoku-Yu. Artinya: "Mengobati melalui Makanan".

Menu makrobiotis ini pada prinsipnya mirip vegan, tidak menggunakan susu sapi atau produk binatang lainnya dan ditambah limitasi lain dengan 5 prinsip berikut:

  • Makanan adalah fondasi untuk kebahagiaan dan kesehatan,
  • Natrium dan kalium merupakan penentu penting, penyeimbang kualitas makanan (seperti Yin dan Yang),
  • Makanan whole grain adalah makanan utama paling pantas dikonsumsi,
  • Makanan dimakan sealami mungkin,
  • Makanan yang dimasak sebaiknya berasal dari lingkungan sekitar dan sesuai musimnya.

Kembali ke soal makan memakan sayuran dan buah-buahan orang Indonesia, walaupun ditopang oleh orang Sunda yang senang makan sayuran mentah, ternyata secara rata-rata tetap saja orang Indonesia tuh di urutan paling belakang dalam urusan memakan sayuran dan buah. Berdasarkan survei Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan tahun 2014, yang kemudian datanya diolah tahun 2015. Konsumsi sayuran dan buah masyarakat Indonesia itu hanya 91 gram per hari per orang. Jumlah ini dua kali lipat lebih rendah dari konsumsi masyarakat Thailand dan Filipina. Bahkan berbeda jauh jika dibanding dengan konsumsi orang Singapura yang sebesar 518 g atau orang Jerman, sebesar 442 gram per orang per hari.

Padahal konsumsi sayuran dan buah, anjuran dari WHO adalah ≥ 400 gram per hari. Kenyataan ini menurut para ahli dipicu oleh faktor-faktor berikut ini:

  • Usia, jenis kelamin, status sosial dan ekonomi ,
  • faktor pribadi seperti penghargaan terhadap diri sendiri, waktu tersedia, penghargaan terhadap kesehatan diri,
  • lingkungan pergaulan, dorongan masyarakat, contoh, atmosfir dan tatanan dalam masyarakat.

Pulau Sayuran, Warisan Budaya UNESCO di Rheichenau Jerman
Bahwa orang Jerman suka dengan salad, buktinya saya lihat minggu lalu. Dengan bekal sepeda lipat di bagasi mobil, kami mengelilingi pulau sayuran Rheichenau di danau Konstanz, Jerman Selatan. Pulau yang sekarang terkenal sebagai pemasok sayuran dan buah-buahan Jerman ini, luasnya hanya 4,3 Km2 dengan kelilingnya kurang lebih 11 Km. Penduduknya pun hanya 3000-4000 orang, tapiiiiiii.... ada 100 pertanian keluarga di dalamnya.

Petani di Jerman kaya-kaya. Tanah pertanian yang digarapnya pun luas-luas. Kerja mereka luar biasa keras karena semua dikerjakan sendiri oleh seluruh anggota keluarga. Sehingga perlu disiplin tinggi dan tentu saja bantuan teknologi terkini. Sehingga hasilnya pun sangat produktif. Jadi tidak heran pulau ini didominasi oleh rumah kaca dan budidaya buah dan sayur sejauh mata memandang....

Bertani di sekitar danau terbesar Jerman ini memang praktis, karena airnya langsung datang dari danau Konstanz. Danau yang tidak hanya mengairi desa dan kota sekitarnya tapi juga mengairi kota-kota lain bahkan sampai Stuttgart. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline