Lihat ke Halaman Asli

HiKristina

Hi aku selalu cantik

Jurnalisme atau Sosial Media

Diperbarui: 29 Mei 2016   00:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Berbagai media yang diciptakan begitu mudah mempengaruhi kehidupan manusia saat ini, tidak hanya pola pikir tetapi juga kebiasaan yang pernah menjadi bagian dari kita, pelan-pelan terlupakan. informasi merupakan hal yang sangat berpengaruh bagi kehidupan masyarakat modern saat ini. Perkembangan manusia masa kini tidak lagi terlepas dari namanya teknologi, inovasi-invasi baru yang diberikan untuk masyarakat membuat masyarakat selalu merasa nyaman ketika menggunakannya. Internet merupakan jaringan komputer yang dapat menghubungkan suatu daerah bahkan negara.

Keberadaan internet sebagai media modern dalam menyampaikan informasi, sangat cepat dan mudah. Tidak hanya itu, kemampuan internet mampu menyingkirkan pembatas ruang dan waktu hingga bisa diakses dari mana saja membuat jaringan ini semakin dinikmati. Dimana didalamnya terdapat berbagai aneka ragam fasilitas informasi mulai dari mencari data atau informasi tertentu di internet .

Interaksi jaringan internet yang begitu cepat, hal ini menjadi alasan mengapa media ini menjadi sangat begitu eksis dikalangan masyarakat, begitu juga dunia jurnalime. Kegiatan jurnalisme mencari, mengumpulkan, dan memberikan informasi kepada masyarakat. “tujuan utama dari jurnalisme adalah menyediakan informasi  yang akurat dan terpercaya kepada warga masyarakat agar dengan informasi tersebut mereka dapat berperan membangun sebuah masyarakat yang bebas” (Iswara, 2005:9).

Media massa merupakan produk dari kegiatan jurnalisme. Berbagai jenis media masaa tradisional dan modern selalu hadir dikehidupan kita, namun penggunaan media tradisional akhir-akhir ini semakin menurun dibandingkan dengan media modern. Kita tahu media modern sudah sangat memanjakan kita dengan fitur-fitur yang ditawarkan, peradaban modern membuat posisi new media atau media baru semakin penting. Kegiatan jurnalisme pun bisa kita mafaatkan dengan media sosial, dengan jaringan yang cepat kita dapat mengakses berita dan kita bisa mendapatkan kemudahan dalam mencari informasi. 

Walaupun media tradisiol saat ini semakin menurun, namun kwalitas jurnalisme tidak terlepas dari media tradisional. Media tradisional lebih ke kaidah dan proses serta etika jurnalisme, hal ini menunjukan bahwa media massa modern ataupun tradisional memenuhi apayang masyarakat butuhkan, dan kedua media tersebut saling melengkapi.

Terus bagaimana sosial media mempengaruhi masyarakat? Apakah sosial media mempengaruhi jurnalisme? Jurnalisme awalnya merupakan acta diurma atau laporan kegiatan sehari hari istilah ini muncul ketika zaman Romawi Kuno pada maja kejayaan Raja Cesaer.  Sosial media merupakan salah satu media online yang dapat menghubungkan sesorang dengan orang lain. dengan menggunakan media sosial orang-orang dapat berbagai informasi, berinteraksi dengan satu sama lain, selain itu sosial media juga membuat alat yang bisa di jadikan alat promosi yang sangat efisien.

Sosial media yang kita tahu instagram, twitter, facebook, path, dan masih banyak lainnya. Sosial media begitu berpengaruh saat ini, kita bisa megaksesnya dimana saja dan kapan saja dengan bantuan jaringan internet. Apa lagi penggunaan media sosial digunakan oleh public figure atau tokoh terkenal, bisa saja hal yang biasa menjadi luar biasa. Media sosial dengan kecanggihan dalam memberikan informasi atau interaksi dengan orang lain membuat kita secara sadar atau tidak sadar menjadi seorang jurnalisme atau citizen journalism. Jurnalisme warga semakin mendapat ruang dengan munculnya kebebasan pers. 

Hampir setiap hari kita memberikan informasi mengenai . Seperti yang dilakukan Presiden Joko Widodo, sangat menarik perhatian wartawan, untuk mengangkat berita mengenai Peresiden Joko Widodo yang pada tanggal 9 Maret lalu menikmati gerhana matahari di depan istana negara republik indonesia dengan menggunakan kain berwarna biru dan baju berwarna putih. Foto yang diunggah pada akun Instagram Presiden Joko Widodo sempat menjadi perbincangan hangat masyarakat indonesia kala itu. s

Iswara, Luwi, Catatan-Catatan Jurnalisme Dasar, Jakarta: PT Kompas Media Nusantara




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline