Lihat ke Halaman Asli

Kristina Nadia

Mahasiswa universitas PGRI KANJURUHAN MALANG

Analisis Pencitraan pada Naskah Drama

Diperbarui: 25 Januari 2023   20:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Hallo taukah kamu apa yang di maksud dengan kajian stlistika? Nahh kajian stlistika adalah ilmu yang mempelajari gaya bahasa, oleh sebab itu saya akan membahas tentang pengantar stlistika (pencitraan) karena pengantar stlistika (pencitraan) masuk ke dalam kajian stlistika 

Citraan dalam pengantar stlistika adalah penggunaan kata dan ungkapan yang mampu membagikan tanggap Indra pada manusia, Citraan menunjuk pada reporoduksi mental. Dimana citra merupakan gambaran untuk membangkitkan pengalaman sensoris yang dimana dibangkitkan oleh kata-kata atau ungkapan seseorang yang akan ditangkap langsung oleh Indra yang dimana akan di pergunakan untuk menulis atau menggambar kan sebuah objek, citra juga berfungsi untuk menghidupkan penuturan dalam sebuah drama.

1. Citraan visual

Dimana citraan visual digunakan untuk mengakap objek yang di lihat oleh mata, contoh objek visual adalah meja, kursi, jendela, pintu, lampu, dinding, dan lain sebagainya.

2. Citraan auditif

Dimana citraan pendengar adalah objek bunyi uang didengar oleh telinga, baik pembangkitan bunyi secara alamiah ataupun lewat penataan kata-kata yang dapat memberi pengongkretan dan alamiah sehingga penuturan kata terlihat lebih teliti dan meyakinkan.

3.Citraan gerak

 Dimana citraan ini dihasilkan oleh objek yang bergerak yang dapat di lihat oleh mata,  dimana penghadiran berbagai aktifitas gerak dapat di lihat dan di rasakan sehingga terlihat lebih teliti dan meyakinkan.

4. Citraan rabaan dan penciuman

Dimana citraan ini digunakan untuk menghidupkan dan mengongkretkan sebuah penuturan agak lebih hidup dan membangkitkan imajinasi pembaca.

Nah di atas adalah penjelasan tentang kajian stlistika, yang dimana dalam artikel ini saya menggunakan kajian pencitraan, saya harap dengan penjelasan saya diatas para pembaca dapat memahami tentang kajian pencitraan. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline