Lihat ke Halaman Asli

Kristianto Naku

TERVERIFIKASI

Analis

Mahasiswa Tetap Nyaring, Meski Hanya dalam Jaringan

Diperbarui: 16 September 2021   20:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Suasana PKKMB Daring Unika St. Thomas Medan, Sumatera Utara. Foto: Dok. Pribadi Kristianto Naku.

Meski dalam jaringan (daring), semangat para mahasiswa baru (maba) tetap nyaring. Mereka antusias mengikuti berbagai instruksi, bentuk animasi, dan rundown acara yang dilakukan selama masa pengenalan kampus. Di antara jarak bilik video conference, senyum, tawa, dan keasyikan sebagai seorang maba tetap semangat.

Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) sudah dimulai sejak Agustus dan September 2021. Seluruh civitas kampus akan membuka tahun ajaran baru dengan mekanisme yang hampir sama pada tahun ajaran kemarin 2020-2021. 

Dalam situasi pandemi Covid-19, mekanisme kegiatan kampus -- terutama proses PPKMB -- masih dilakukan secara online. Salah satu institusi pendidikan yang melaksanakan PPKMB secara online adalah Universitas Katolik (Unika) Santo Thomas, Medan, Sumatera Utara.

Universitas Katolik St. Thomas, Medan sudah membuka kegiatan PKKMB sejak Kamis (2/9/2021) dan berakhir pada Sabtu (4/9/2021). Kegiatan PKKMB ini, sejatinya bertujuan mempercepat proses adaptasi mahasiswa baru (maba) dengan lingkungan dan suasana belajar di Universitas. Kegiatan PKKMB Tahun 2021 ini, juga dapat dijadikan sebagai bekal awal dan titik tolak pembinaan idealisme, sikap, mental, dan karakter setiap maba, khususnya di lingkungan Unika St. Thomas, Medan, Sumatera Utara.

Pada Kamis (2/9/2021), Unika St. Thomas memulai kegiatan PPKMB daring dengan kegiatan Pengarahan Umum dan Bimbingan Teknis PKKMB Daring. Seluruh kegiatan ini diikuti oleh hampir 1500 mahasiswa baru secara online. Meski dilakukan secara daring (online), semua peserta tetap bersemangat, kreatif, dan santun. Karakter maba benar-benar diarahkan, diberi pupuk sejak dini, dan diapresiasi. 

Dalam sambutannya, Rektor Unika St. Thomas Prof. Dr. Drs. Sihol Situngkir, MBA mengingatkan para maba agar disiplin, fokus, kerja keras, kreatif, dan selalu bahagia selama masa perkuliahan. "Only education can open the mind and the heart of the people to achieve happiness," kata Rektor Unika St. Thomas. Menurutnya, semua calon civitas academica Universitas St. Thomas harus benar-benar menyatu dengan iklim dunia pendidikan. 

Semua mahasiswa diharapkan agar selalu bahagia dengan semua jenis pendidikan yang disuguhkan oleh institusi pendidikan. Ajakan ini digaungkan agar ritme semangat maba tak berhenti di tengah jalan, tetapi selalu dipertahankan hingga akhir masa perkuliahan.

Dinamika PKKMB Daring Unika St. Thomas, sejatinya tidak hanya dipandu oleh panita. Para peserta (maba) juga diberikan kesempatan untuk menampilkan talentanya masing-masing. Mereka diberi kesempatan untuk menganimasi sesama maba selama PPKMB Daring. Beberapa calon mahasiswa, seperti Emmya Ginting menunjukkan talentanya di hadapan ribuan mahasiswa. 

Emmya menyanyikan beberapa lagu dalam sesi bertajuk "Mahasiswa Berani." Selain Emmya, ada juga calon mahasiswa dari Fakultas Hukum Ryzkianta Sembiring. Ryzki menunjukkan kemampuannya di depan semua maba dengan beatbox. "Keren, gokil banget, meski daring," kata Grace Paulimaria, salah satu calon mahasiswa dari Fakultas Ekonomi.  

Akan tetapi, ada juga calon mahasiswa yang merasa sedikit "murung." Florensya Barus dari FKIP Prodi PGSD, misalnya menyeringkan kerinduannya untuk berjumpa dengan teman-teman maba secara fisik. "PKKMB Daring, kurang memuaskan secara perjumpaan," kata Floren.

Tumbuh, tangguh, dan berintegritas

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline