Lihat ke Halaman Asli

Kristianti Sherly

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

"Corona Makin Ganas, Pendidikan Makin Waswas" KKN Tematik UPI Membantu Para Guru dan Orang Tua Siswa Di Tengah Pandemi Covid-19

Diperbarui: 11 Juli 2021   14:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saat ini Indonesia tengah mengalami pandemi virus covid-19 yang membuat terhambatnya setiap kegiatan baik dari segi perekonomian, pariwisata bahkan pendidikan karena masyarakat diharuskan menjaga jarak, bekerja dan belajar dari rumah. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) bersama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) yang saat ini melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata pun mau tak mau harus dilaksanakan secara daring dan mandiri di daerahnya masing-masing untuk mencegah penyebaran covid-19 semakin banyak.

Bertema 'Membangun Desa Melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi Dalam Implementasi MBKM Pada masa Pandemi Covid-19’ KKN tahun ini kita bisa memilih bidang mana yang ingin kita ambil, pendidikan atau ekonomi sesuai dengan minat. Program kerja yang harus dilakukan pun ada beberapa seperti melakukan penguatan pembelajaran daring untuk semua mata pelajaran, pendampingan pembelajaran daring untuk semua mata pelajaran dan pendampingan orang tua dalam membimbing anak melalui pembelajaran daring, membantu administrasi sekolah secara daring dan membuat sebuah video berisi tentang edukasi dan penanggulangan Covid-19. Kegiatan yang dilakukan yaitu membuat poster atau pamflet edukasi berisikan tentang mata pelajaran yang akan dipelajari oleh siswa beserta penjelasan yang dibuat secara sederhana agar siswa bisa memahami isi pamflet tersebut. Lalu ada penguatan mata pelajaran dengan kembali mengulang mata pelajaran sebelumnya dengan didampingi oleh mahasiswa, disertai pembuatan power point untuk membantu sarana pembelajaran, pembuatan video yang berisi tutorial atau cara menggunakan aplikasi pembelajaran berbentuk games dan pembuatan poster atau pamflet berisi tentang info seputar covid-19 untuk reminder para guru, siswa serta orang tua siswa. 

Kristianti Sherly Octaviani, Mahasiswa UPI dengan Program Studi Manajemen Industri Katering adalah salah satu peserta KKN yang di bimbing oleh Dr. Hayani Wulandari, M.Pd selaku dosen pembimbing lapangan, selama kurang lebih 1 bulan atau 30 hari di SDN Sidamukti Desa Pangalengan. SDN Sidamukti dipilih menjadi tempat KKN tematik karena masih banyaknya siswa dan orang tua yang perlu mendapat bantuan atau bimbingan dalam pembelajaran terutama pembelajaran jarak jauh atau daring. Kegiatan KKN ini dilaksanakan selama kurang lebih 30 hari, mulai 3 juli 2021 dengan rata-rata 4-6 jam per hari sehingga totalnya kurang lebih 120 jam. KKN ini dilaksanakan secara daring sehingga memerlukan mitra-mitra yang membantu melancarkan kegiatan KKN ini yaitu Pak Tahya selaku Kepala Sekolah SDN Sidamukti, Bu Misyuningsih selaku wali siswa kelas 1, Bu Ima selaku wali kelas siswa kelas 3 dan ibu bapak guru lainnya yang ada di SDN Sidamukti.

Program yang diharapkan paling berjalan lancar adalah pembimbingan cara menggunakan aplikasi pembelajaran online berbentuk games seperti oodlu, kahoot, quiziz agar para siswa merasa asik saat belajar sambil bermain dan tidak mudah bosan selain itu pembelajaran dalam bentuk games bisa memperkuat daya ingat siswa dalam belajar dan juga aplikasi ini bisa diakses dengan mudah hanya dengan handphone. Lalu yang kedua program untuk mendampingi orang tua dalam membimbing siswa melalui videocall whatsapp karena dirasa lebih mudah digunakan dan tidak memberatkan kuota para orang tua siswa SDN Sidamukti. 

“Saya bingung karena tidak semua anak memiliki handphone sendiri dan kuota untuk menerima pembelajaran sehingga mau tak mau orang tua harus datang ke sekolah untuk membawa tugas” kata bu misyuningsih (selaku wali siswa kelas 1 SDN Sidamukti) 

Dampak pandemi ini sangat dirasakan oleh para guru serta orang tua siswa dimana pembelajaran menjadi terhambat dan tidak efektif karena keterbatasan biaya untuk membeli kuota dan masih banyak guru yang belum bisa menyesuaikan dengan perkembangan teknologi, belum lagi dikhawatirkannya ketidakpahaman siswa dalam pembelajaran sehingga sering muncul kebingungan dari para guru dan orang tua tentang bagaimana agar anak tetap semangat belajar dan menerima pendidikan walau hanya dari rumah.

“Saya berharap program kerja yang dilakukan di kegiatan KKN Tematik ini dapat membantu kesulitan yang dialami oleh para guru, siswa dan orang tua siswa yang ada di SDN Sidamukti serta setiap info yang diberikan dapat membantu mencegah penyebaran virus corona semakin banyak. Saya berterimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu saya dalam melaksanakan kegiatan KKN ini, sehingga kegiatannya berjalan dengan lancar.” Tutur Sherly  




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline