Lihat ke Halaman Asli

Tempat Formatio Tertua diIndonesia

Diperbarui: 11 Oktober 2024   08:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

             Setiap tahun terjadi penuruan calon imam .Maka kalau setiap tahun jumlah romo menurun . Jadi siapa yang menggembala umat manusia , kalau bukan kita siapa lagi? kita sebagai remaja harus peka dalam menanggapi panggilan Tuhan .Maka dari itu jika kalian tertarik menjadi calon imam . kalian bisa banget banget mendaftar di Seminari Menengah St. Petrus Canisisus Mertoyudan,Magelang Jawa Tengah.

     Seminari Menengah Mertoyudan ini adalah Seminari pertama diIndonesia dan kolese kedua diIndonesia . Sejarah singkat tentang seminari ini  dahulu seminari ini dibangun  di Yogyakarta oleh serikat Yesus pada tahun 1912 kemudian seminari di Yogyakarta dipindahkan ke Mertoyudan pada 1941 di karena kan jumlah siswa meningkat sampai sertus lebih siswa.

     Seminari Menengah Mertoyudan memiliki visi,misi,dan nilai-nilai dasar. Visi Sminari Menengah St. Petrus Canisius yaitu : Berkehendak menjadi rumah formatio bagi para calon gembala Gereja yang dengan gigih dan gembira mencintai Yesus Kristus ,haus akan pengatahuan,dan berhasrat besar untuk melayani . Misi Seminari yaitu : Mengusahakan terciptanya komunitas murid-murid Yesus Kristus sebagai teman seperjalanan dalam menganggapi panggilan Tuhan dengan gembira . Nilai dasar seminari yaitu : Kegiatan formatio di seminari Menengah Mertoyudan dilaksanakan dengan mengedepankan nilai -nilai dasar kejujuran , kedissiplinan ,dan tanggung jawab.

    Selama menjalani proses pendidikan sebagai calon imam . para seminaris menempuh pembinaan dengan fokus tahun ke tahun yang ditetapkan seperti .  Pertama medan pratama / kelas persiapan pertama [kpp] berfokus pada belajar hidup mandiri ,kerasaan dengan tempat baru, teman baru,suasana baru. Kedua medan tamtama / kelas X berfokus pada mendalami hidup doa dan keheningan sebagai jalan untuk mengenal ,mencintai dan mengikuti Yesus Kristus . Ketiga medam madya/kelasXI berfokus pada menemukan menghayati ,dan memperjuangkan panggilan dalam rutinitas sehari-hari  seminaris maupun  mengambil keputusan panggilannya menjadi imam / awam . ke empat medan utama / kelas XII berfokus mencintai ,dan mulai menghidup keputusan panggilan sehingga siap melanjut kan  formatio ke jenjang berikutnya .

Jadi tunggu apa lagi daftar kan diri Anda sebagai calon penggembala!!

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline