Lihat ke Halaman Asli

Kelompok 114 KKN UMD Unej Tingkatkan Branding Produk Lokal pada Semarak Acara Peringatan Kemerdekaan

Diperbarui: 15 Agustus 2023   23:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kelompok 114 KKN UMD UNEJ Tingkatkan Branding Produk Lokal dalam Semarak Acara Peringatan Kemerdekaan

Minggu (6/8/2023) Desa Tambak Ukir mengadakan lomba memperingati hari kemerdekaan. Kegiatan ini diprakarsai oleh mahasiswa-mahasiswi Kelompok 114 KKN UMD UNEJ dengan Dosen Pembimbing Lapang dr. Muhammad Afiful Jauhani, S.H., M.H., Sp.FM. Lomba diadakan 3 hari berturut-turut, yaitu hari minggu, senin, dan selasa. Mulai anak-anak hingga orang dewasa turut memeriahkan lomba yang terdiri dari kategori anak-anak yaitu balap karung, sendok kelereng, pengait marang, masukkan paku ke dalam botol, oper air, dan oper balon. 

Untuk lomba kategori anak-anak hingga dewasa yaitu tarik tambang yang diikuti oleh ibu-ibu. Tumpah ruah kegembiraan penonton tak terelakkan saat melihat peserta lomba beraksi. Salah satu peserta lomba, Fachri, mengatakan bahwa lomba yang diadakan oleh mahasiswa KKN 114 Desa Tambak Ukir ini sangat seru dan menghibur. Selain itu, banyak teman-temannya yang antusias mengikuti lomba, bukan hanya tentang perebutan hadiah, tetapi perlombaan ini menghadirkan rasa semangat lomba kemerdekaan yang mengajarkan tentang kerja keras dan tekad yang tak tergoyahkan.

Selain lomba, kegiatan yang dilakukan adalah membersihkan lapangan setelah acara berakhir. Hal ini bertujuan untuk melatih hidup bersih dan sehat pada anak-anak. Rancangan kegiatan lomba serta bersih-bersih ini diharapkan dapat menimbulkan dampak yang baik ke depannya. 

Tidak hanya itu, dalam kegiatan lomba ini mahasiswa juga memperkenalkan produk dari program kerja yaitu puding jagung pipil. Menurut mereka, hal ini bertujuan untuk meningkatkan branding dan pemasaran produk jagung pipil itu sendiri. Dilihat dari testimoni customer, produk puding jagung pipil milik KKN 114 memiliki rasa yang lezat dan tingkat manis yang pas. Testimoni dari customer ini dapat menjadi wadah dalam meningkatkan kualitas produk atau layanan dari puding yang terbuat dari komoditas utama Desa Tambak Ukir tersebut.

Ajang lomba dan promosi atas branding produk puding jagung pipil merupakan kolaborasi yang bagus. Melalui peran serta kontribusi positif, mahasiswa KKN diharapkan dapat memberikan dampak yang signifikan dalam menjadikan lomba kemerdekaan bagi anak-anak menjadi pengalaman yang berarti dan mendalam. Merdeka, Indonesiaku!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline