Lihat ke Halaman Asli

Kelompok 114 KKN UMD UNEJ Stimulasi Generasi Berkualitas Melalui Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH)

Diperbarui: 7 Agustus 2023   21:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Kelompok 114 KKN UMD UNEJ Stimulasi Generasi Berkualitas melalui Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH)

Selasa (18/7/2023) Kampung KB Dusun Beringin, Desa Tambak Ukir, Kecamatan Kendit mengadakan pembukaan untuk kegiatan SOTH (Sekolah Orang Tua Hebat). Kegiatan ini berisi pembelajaran untuk orang tua dan calon orang tua berupa kiat-kiat dalam mendidik anak. SOTH atau Sekolah Orang Tua Hebat baru diadakan pada minggu ini dan diadakan satu minggu dua kali di hari selasa dan rabu. Modul pembelajarannya diletakkan di dalam Kantong Wasiat Menjadi Orang Tua Hebat yang sudah disiapkan oleh Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Timur.

Menurut Ika Kamala, salah satu kader, SOTH dapat menjadi wadah orang tua dan calon orang tua dalam mempelajari parenting sebagai salah satu jalan untuk mendidik anak-anaknya menjadi lebih baik. Kegiatan SOTH ini menjadi salah satu intervensi pemerintah dalam menangani persoalan salah asuh anak. "SOTH ini nantinya akan ada 14 kali pertemuan, post test, sampai wisuda yang akan diadakan di pertengahan bulan Agustus 2023. Sistem pembelajarannya sama seperti di sekolah, jika tidak mengikuti kelas lebih dari 3 kali, kami terpaksa melakukan drop out, sesuai komitmen saat sosialisasi sebelum kelas dimulai," ucap Ika Kamala.

Di SOTH ini, para orang tua diajarkan materi mengenai menjaga kesehatan anak, pemenuhan gizi seimbang, stimulasi gerakan anak, serta komunikasi yang baik antara orang tua dan anak. Kelompok 114 KKN UMD UNEJ yang dibimbing dr. Muhammad Afiful Jauhani, SH, MH, Sp.FM turut berkontribusi dalan kegiatan tersebut. Kegiatan ini berdampak dalam memberikan wawasan bagi mahasiswa mengenai pola asuh anak. Kegiatan Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) diharapkan tidak hanya mendapatkan materi dan mengumpulkan tugas, tetapi diharapkan dapat mengimplementasikan dalam kegiatan sehari-hari. Semoga SOTH ini menjadi sarana bagi para orang tua agar tetap semangat mendidik anak-anaknya untuk menjadi generasi emas yang berkualitas.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline