Lihat ke Halaman Asli

Krismas Situmorang

Guru, Blogger Indonesia

Tren Coffee Shop di Indonesia: Analisis Terintegratif

Diperbarui: 6 November 2024   23:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi coffee shop, sumber: Ilustrasi gerai kopi, sumber: coffeebusiness.com

Pengenalan Coffee Shop

Indonesia telah mengalami fenomena yang cukup signifikan dalam beberapa dekade terakhir. Fenomena itu adalah naiknya popularitas coffee shop. Fenomena ini tidak hanya terlihat di kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung, tapi juga di daerah-daerah pedesaan. 

Saat ini, minum kopi bukan lagi aktivitas rutin orang tua atau kakek kita di kampung sebelum berakitvitas, tetapi telah menjadi bagian integral dari budaya masyarakat Indonesia. Kebiasaan ini dialami oleh banyak orang khususnya  generasi milenial dan zodiak X yang semakin suka beraktivitas di luar rumah.

Penyebab Tren Coffee Shop

Penyumbang kepopuleran coffee shop di Indonesia dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satu penyebab utama adalah stabilitas konsumsi kopi 1,25 kilogram per orang penduduk Indonesia, seperti yang disampaikan oleh Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) dari Badan Pusat Statistik (BPS).

Selain itu, preferensi konsumen yang semakin meningkat untuk minum kopi di tempat-tempat umum dibandingkan di rumah juga menjadi pendorong penting. Hal ini terkait dengan pengalaman sosial dan komunitas yang ditawarkan oleh coffee shop yang membuat coffee shop lebih populer sebagai tempat nongkrong favorit bagi banyak kalangan.

Ilustrasi gerai kopi, sumber: coffeebusiness.com

Keuntungan Bisnis Coffee Shop

Keuntungan bisnis coffee shop di Indonesia sangat menarik bagi para pengusaha muda karena beberapa alasan berikut ini:

Target Pasar Luas

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline