Perjalanan yang diwarnai kemacetan parah di sejumlah ruas jalan sore ini, mengisahkan beberapa pengalaman menarik untuk dibagikan. Di tengah hujan turun dan macetnya lalu lintas, seorang pengendara motor tak jauh di depan saya mendadak berhenti. Ia sempat hampir jatuh karena kehilangan keseimbangan. Ia pun menoleh ke samping kirinya untuk mencari sesuatu.
Ah, ia membuka kaca helmnya dan mulai memarahi pengendara lain di sisi kirinya. Riuh suara kendaraan berbaur dengan suara omelan pengendara tersebut. Cukup keras terdengar karena ia setengah berteriak.
Pengendara sepeda motor yang marah tampak protes karena ia merasa kendaraannya disenggol keras dan pengendara lain yang menyenggolnya seolah tidak peduli dan menganggap hal itu sebagai hal yang biasa. Ia menuntut permintaan maaf yang tidak didapatnya dari pengendara yang menabraknya. Mereka berdua pun menepi untuk menindaklanjuti permasalahan mereka.
Permintaan Maaf yang Mahal
Sikap orang yang enggan meminta maaf di jalan merupakan perilaku yang dapat mencerminkan berbagai aspek psikologis, sosial, dan budaya.
Beberapa orang mungkin mengalami kesulitan untuk mengakui kesalahan mereka karena adanya rasa malu, ego yang tinggi, atau ketakutan akan penilaian negatif dari orang lain. Mereka merasa kesulitan untuk menerima kesalahan yang dilakukannya. Ini bisa menjadi tanda kurangnya keterampilan sosial atau kepercayaan diri.
Beberapa individu kemungkinan melihat permintaan maaf sebagai tanda kelemahan atau penurunan status. Persepsi terhadap kekuatan diri sangat kuat. Mereka mungkin percaya bahwa meminta maaf akan melemahkan posisi mereka di mata orang lain atau menurunkan otoritas mereka.
Di beberapa budaya masyarakat, menyelamatkan muka (saving face) diangggap sangat penting. Oleh karena itu, mereka merasa perlu menjaga citra dirinya agar tetap baik di depan orang lain. Mereka menganggap, meminta maaf di depan umum dapat membuat mereka kehilangan wajah (loss of face) sehingga mereka berusahan keras untuk menghindarinya. Hmm, begitu ya ...
Orang yang enggan meminta maaf mungkin tidak sepenuhnya memahami dampak negatif dari tindakan atau kata-kata mereka terhadap orang lain. Mereka mungkin kurang peka terhadap perasaan orang lain dan cenderung berfokus pada kepentingan dan kebutuhan mereka sendiri saja.
Jika seseorang telah terbiasa untuk tidak meminta maaf dan tidak menghadapi konsekuensinya, pola perilaku akan terbentuk. Perilaku tersebut bisa menjadi kebiasaan yang sulit untuk diubah. Mereka akan menganggapnya sebagai strategi yang efektif untuk menghindari konflik atau tanggung jawab.