Lihat ke Halaman Asli

Krismas Situmorang

Guru, Blogger Indonesia

Bimtek, Support bagi Petugas KPPS

Diperbarui: 28 Januari 2024   23:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar ilustrasi, sumber: dokumentasi pribadi penulis

PPS Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur melaksanakan Bimbingan Teknis bagi Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) mulai 26/1/2024 sampai 1/2/2024 bertempat di Aula Serbaguna Kelurahan Cijantung. Partisipasi para petugas KPPS sangat baik ditandai dengan kehadiran mayoritas para petugas.

Bimbingan teknis terhadap KPPS ini dilakukan untuk membimbing dan memberikan pengetahuan teknis bagi para anggota KPPS yang betugas pada saat pemilu tanggal 14 Februari 2024 mendatang.

Seluruh anggota KPPS diminta untuk memahami regulasi dan semua teknis yang dibtentukan oleh Komisi Pemilihan Umum Pusat. Melalui bimbingan teknis ini, para petugas KPPS memiliki kemampuan dan kapasitas yang diperlukan untuk memastikan penyelenggaraan Pemilu berjalan dengan sukses, jujur, dan berintegritas.

Bimbingan teknis yang diberikan meliputi prosedur tugas pra pemungutan suara, saat pemungutan suara, pra perhitungan suara, proses penghitungan suara, dan pasca perhitungan suara. 

Para petugas KPPS dan Pengaman perlu memahami tupoksi masing-masing sesuai urutan tugas yang diberikan. KPPS 1 bertindak sebagai Ketua untuk mengkordinir anggotanya.

Selain memahami prosedur setiap tahapan, para petugas KPPS juga perlu memahami  hal-hal yang bersifat teknis secara detail. Misalnya: menyiapkan tempat pemungutan suara, sarana dan prasarana  (meja, kursi, rambu penunjuk, papan pengumuman, sarana penerangan, memeriksa kebutuhan logistik pemilu,  tata cara penulisan, tata administratif, pelaporan, dan penyerahan logistik hasil pemilu ke PPS.

Hal yang tidak kalah penting adalah kesiapan kebutuhan pendukung bagi para petugas KPPS mengingat potensi waktu yang dibutuhkan cukup panjang dan berkesinambungan. Para petugas KPPS harus berada dalam kondisi fit dan sehat serta cukup istirahat. 

Oleh karena itu, dukungan ketersediaan konsumsi, air minum, P3K dan obat-obatan, serta vitamin menjadi penting. Berkaca dari pengalaman pada pemilu sebelumnya, para petugas KPPS bekerja secara marathon selama 24 jam penuh mulai dari persiapan pagi hingga penyerahan hasil perhitungan suara kepada KPU setempat.

Secara umum, seluruh petugas harus mendalami prosedur dan tupoksi kerja, memahami pola kerja yang baik, menjaga kesehatan dan mempersiapkan diri sebaik mungkin menyambut pesta demokrasi Pemilu 2024 nanti.***




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline