Lihat ke Halaman Asli

Membuat Video Iklan tentang Makanan Indonesia dengan Ekonomi Kreatif

Diperbarui: 13 September 2023   23:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Membuat Video Iklan tentang Makanan Indonesia dengan Ekonomi Kreatif

Indonesia, dengan keragaman budaya dan kuliner yang luar biasa, memiliki potensi besar untuk mempromosikan makanan tradisionalnya melalui video iklan yang kreatif. Pemanfaatan ekonomi kreatif dalam pembuatan video iklan makanan dapat menjadi sarana yang efektif untuk meningkatkan popularitas kuliner Indonesia secara global, menghasilkan pendapatan yang signifikan, serta menciptakan peluang kerja di industri kreatif. Saya mengambil Artikel ini karena disekitaran saya banyak yang berjualan makanan khas Indonesia, Seperti Gado-gado, Rujak Cingur, Pecel Gudeg dan lain-lain. Alasan saya mengambil Iklan tentang makanan Indonesia karena ingin memperkenalkan Makanan khas Indonesia dengan ide-ide yang kreatif dengan membuat Video Iklan berkonsep Modern, yang bisa menarik wisatawan luar ataupun warga Indonesia sendiri.

Pendahuluan

Iklan adalah segala bentuk pesan promosi benda seperti, barang,jasa,produk jadi,dan ide yang disampaikan melalui media dengan biaya sponos dan ditunjukan kepada sebagian besar masyarakat Indonesia, akan tetapi saya disini membuat Iklan tentang Video, yaitu produk yang dikemas dalam bentuk audio visual dengan tujuan mempromosikan Makanan khas Indonesia dengan disebarkan melalui platform Youtube, TikTok, dan lain-lain. Disini saya membuat runtutan cara membuat video iklan tentang makanan Indonesia dengan pendekatan ekonomi kreatif sebagai berikut.

A.Menggali Potensi Makanan Indonesia

Indonesia adalah surga bagi para pecinta makanan dengan lebih dari 17.000 pulau yang tersebar di seluruh nusantara, setiap wilayah memiliki hidangan khasnya sendiri. Dari rendang Padang yang kaya rempah, nasi goreng yang gurih, hingga sate yang lezat, makanan Indonesia memiliki karakteristik yang kuat dan beragam.

Menggali potensi makanan Indonesia dalam konteks ekonomi kreatif melibatkan pemahaman mendalam tentang budaya makanan, bahan-bahan, dan presentasi visual yang memikat. Pertama-tama, kita perlu memilih hidangan yang akan diiklankan.

B.Penulisan Naskah Kreatif

Naskah adalah landasan dari video iklan yang kuat. Ini adalah langkah awal dalam menghadirkan makanan Indonesia secara menarik dalam video iklan. Naskah harus mencerminkan budaya makanan Indonesia, menciptakan cerita yang mengundang, dan memperkenalkan hidangan dengan cara yang menggugah selera.

Penggunaan narasi dalam bahasa yang menggoda dapat menambah daya tarik naskah. Selain itu, mengaitkan cerita dengan asal-usul hidangan atau inspirasi di balik resep dapat memberikan lapisan tambahan yang menarik bagi penonton. Misalnya, menceritakan sejarah Pecel gudeg

C.Memilih Lokasi yang Menarik

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline