Lihat ke Halaman Asli

Masa Cepan Cerah Ksatria Laskar Society 5.0

Diperbarui: 25 Agustus 2022   04:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Apa itu society 5.0?

Masyarakat 5.0 atau Masyarakat Super Pintar adalah konsep masyarakat masa depan yang diusulkan oleh Jepang. Masyarakat 5.0 merupakan masyarakat yang berpusat pada manusia yang menyeimbangkan kemajuan ekonomi dengan penyelesaian masalah sosial melalui sistem yang sangat mengintegrasikan dunia maya dan ruang fisik. ( sumber Wikipedia ) 

Konsep Society 5.0 merupakan penyempurnaan dari konsep-konsep yang ada sebelumnya. Dimana seperti kita ketahui, Society 1.0 adalah pada saat manusia masih berada di era berburu dan mengenal tulisan, Society 2.0 adalah era pertanian dimana manusia sudah mengenal bercocok tanam, Society 3.0 : sudah memasuki era industry yaitu Ketika manusia sudah mulai menggunakan mesin untuk membantu aktivitas sehari-hari, Society 4.0: manusia sudah mengenal computer hingga internet dan Society 5.0 era dimana semua teknologi adalah bagian dari manusia itu sendiri, internet bukan hanya digunakan untuk sekedar berbagi informasi melainkan untuk menjalani kehidupan. 

Perkembangan teknologi dalam segala aspek kehidupan manusia semakin cepat. Pada era society 5.0 ada  beberapa kemampuan yang wajib dimiliki oleh setiap manusia, yaitu ;
*Critical thingking
*Creativity
*Colaboration
*Comunication
Kemampuan-kemampuan tersebut adalah kunci dari terciptanya masyarakat society 5.0. Selain ditunjang oleh pendidikan, kemampuan tersebut harus kita miliki. Konsep society 4.0 dan 5.0 sebenarnya tidak memiliki perbedaan yang jauh. Akan tetapi konsep society lebih mengutamakan pada manusianya. Jika revolusi industry menggunakan Al dan kecerdasan buatannya sebagai komponen utama, pada society ini kita mengandalkan sumber daya manusianya.
Peran pendidikan tentunya sangat penting dalam hal ini, tetapi juga harus disokong oleh lingkungan dan juga keluarga. Lingkungan yang mendukung, keluarga yang suportif merupakan penunjang utama dalam kemajuan sumber daya manusia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline