Lihat ke Halaman Asli

Kris Banarto

TERVERIFIKASI

Pemerhati Bisnis dan Humaniora

Mendalami 3 Model "Product Differentiation Strategies"

Diperbarui: 8 November 2021   08:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi product differentiation strategies (Sumber foto Freepik.com)

Apakah kamu menyukai wisata kuliner? Cobalah kamu perhatikan, tempat kuliner yang dahulu cukup favorit mulai ditinggalkan pelanggan! mengapa? karena manajemen tidak melakukan inovasi.

Munculnya pesaing baru menjadi salah satu penyebab pelanggan berpindah, banyak tempat kuliner baru, berani membangun dengan arsitektur modern dilengkapi dengan spots foto.

Bisnis kuliner tidak hanya bisa mengandalkan kenikmatan rasa, namun kenyamanan, pelayanan dan tempat yang representatif.

Sementara itu pemain baru yang tidak mampu menciptakan keunggulan tidak akan dilirik konsumen, dan dalam waktu yang tidak lama, perusahaan itu tidak lagi mampu bertahan.

Persaingan yang begitu ketat dan perubahan perilaku konsumen dari konservatif yang hanya puas dengan kenikmatan menu, telah berubah menjadi konsumen modern yang tidak saja mencari kenikmatan, namun juga suasana yang menyenangkan.

Bisnis kuliner menjadi salah satu contoh bisnis yang memerlukan sentuhan inovasi, kreativitas, dan menciptakan nilai bagi pelanggan. Tanpa adanya diferensiasi produk rasanya menjadi sulit perusahaan dapat menggaet banyak pelanggan.

Yuk, Kita mempelajari product differentiation strategies

Pengertian product differentiation

Mengutip artikel berjudul "Discovering New Points of Differentiation" oleh Rita Gunther McGrath dan Ian Macmillan tahun 1997, diferensiasi produk adalah menawarkan kepada pelanggan sesuatu yang mereka hargai yang tidak dimiliki pesaing.

Diferensiasi produk merupakan proses pemasaran suatu produk atau layanan yang berbeda dan menonjol dibandingkan dengan pesaing, sehingga produk menjadi unik. Jika perusahaan berhasil maka dapat menciptakan keunggulan kompetitif.

Diferensiasi produk yang dilakukan perusahaan kecil berpeluang untuk mengalahkan produk perusahaan besar atau produk yang lebih populer. Minimal mereka dapat mengambil niche market. Misalnya Kopi Kenangan yang mengusung brand lokal dengan harga murah, mulai mengancam hegemoni brand global Starbucks.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline