Lihat ke Halaman Asli

Kris Banarto

TERVERIFIKASI

Pemerhati Bisnis dan Humaniora

Mengungkap 4 Contoh Strategi Bisnis Masa Kini

Diperbarui: 11 November 2021   09:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi merancang strategi bisnis (Foto oleh Mikael Blomkvist dari Pexels)

Pada tahun 1960-an konsultan manajemen Peter Drucker, mengatakan bahwa persaingan di dunia bisnis adalah masalah harga. Ya, jikalau perusahaan dapat menekan biaya produksi makan akan memenangkan persaingan.

Namun, pada tahun 1980-an pendapat itu dipatahkan oleh Michael Porter, profesor dari Harvard School of Business yang menggagas 5 faktor kekuatan dalam bisnis yang dikenal dengan Porter's Five Forces.

Kelima faktor yang mengidetifikasi persaingan tersebut adalah competitive rivalry, supplier power, buyer power, threat of subtitution dan threath of new entry. Jika perusahaan dapat memanfaatkan peluang dengan menekan ancaman, maka akan memenangkan pasar.

Strategi, menurut Porter adalah masalah menentukan posisi terbaik, tidak saja pada tekanan harga dari pesaing, namun juga semua kekuatan yang terdapat pada lingkungan bisnis. Misalnya permintaan pembeli, ancaman produk pengganti, memanfaatkan pemasok dan ancaman pendatang baru.

Porter menyarankan: lakukan apa yang pesaing lakukan, namun dengan biaya rendah atau lakukan yang tidak bisa di lakukan pesaing. Tetapi kelemahan membuat produk yang sama dengan pesaing lama kelaman marker size menjadi terbatas.

Lalu bagaimanakah strategi bisnis yang efektif? Kita akan mengulik bersama-sama

Pengertian strategi bisnis

Strategi bisnis merupakan kombinasi keputusan-keputusan dan tindakan yang dilakukan oleh organisasi dan bertujuan mencapai tujuan bisnis untuk mengamankan produk diantara pesaing.

Strategi bisnis ibarat peta jalan yang mengantar bisnis pada tujuan yang diinginkan. Kesalahan dalam membuat peta jalan dapat berakibat bisnis tersesat di tengah persaingan bisnis yang ketat.

Tujuan bisnis akan menjauh ketika tidak ada strategi bisnis. Tanpa adanya strategi bisnis, membuat organisasi kehilangan arah dan melenceng pada sasaran. Berikut ada lima alasan mengapa stretegi bisnis penting:

Pertama, Perencanaan

Strategi bisnis merupakan bagian dari rencana bisnis dan di dalamnya menetapkan cara, sasaran, dan tujuan. Tahap perencanaan menjadi sesuatu yang penting, tahapan ini dapat melibatkan seluruh departemen yang ada dalam organisasi.

Kedua, Kekuatan dan kelemahan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline