Lihat ke Halaman Asli

Kris Banarto

TERVERIFIKASI

Pemerhati Bisnis dan Humaniora

Para Manajer Sebaiknya Mempelajari 5 Teori Manajemen Ini!

Diperbarui: 4 November 2021   14:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi rapat manajer (Sumber foto oleh fauxels dari Pexels)

Jika dipromosikan sebagai manajer apa yang akan kamu lakukan?

Apakah fokus pada pengembangan individu atau fokus pada team work? Lalu bagaimana langkah konkretnya? Mesti merangkul semua karyawan atau membuat sistem yang tepat?

Jika tidak memiliki pengetahuan manajemen, dikhawatirkan kamu tidak memiliki strategi yang tepat, baik jangka pendek, menengah dan panjang. Memiliki pengetahuan sekali pun tidak menjamin akan berhasil, karena manajemen merupakan ilmu dan seni.

Ada baiknya kamu belajar keberhasilan para profesional dalam memimpin perusahaan, agar mempunyai banyak wawasan sebagai seorang manajer. Berikut ini adalah sebagian pengetahuan yang perlu dimiliki para manajer, sebagai bekal memimpin yaitu teori mengenai manajemen.

Yuk, tidak perlu berlama-lama kita akan pelajari 5 (lima) teori manajemen:

Pertama, Teori Ilmiah oleh Frederick W. Taylor

Teori ilmiah yang digagas Frederick W. Taylor (insinyur mekanik yang dijuluki "bapak manajemen ilmiah") dikenal sebagai teori klasik, Taylor menghendaki organisasi sebaiknya efisien dan efektif dalam menyelesaikan tugas-tugasnya. Ada 4 prinsip teori manajemen ilmiah, yaitu:

  • Setiap tugas sebaiknya dipelajari terlebih dahulu untuk menentukan cara yang paling efisien dalam melakukan tugas
  • Pekerjaan harus disesuaikan dengan kemampuan dan motivasi pekerja
  • Pekerja akan dimonitor secara ketat untuk memastikan mereka bekerja memberikan terbaik
  • Manajer perlu melatih karyawan dan merencanakan kebutuhan di masa depan

Kelebihan teori ini adalah fokus pada efisiensi dan memberi tugas kepada karyawan sesuai dengan kemampuannya. Sedangkan kelemahannya adalah manajemen terlalu fokus pada tugas individu sehingga mengurangi kekompakan team work.

Kedua, Teori Administrasi oleh Henri Fayol

Henri Fayol, seorang teoris manajemen atau administrasi asal Prancis mengembangkan 6 fungsi manajemen yang bekerja bersama dengan 14 prinsip manajemen.

Adapun ke 6 fungsi manajemen adalah: forecasting, planning, organizing, commanding, coordinating dan controlling. Sedangkan ke 14 prinsip dari teori Fayol adalah:

Division of work (pembagian kerja), karyawan sebaiknya memiliki spesialisasi. Autority (wewenang), manajemen membutuhkan kewenangan untuk memerintah. Dicipline, karyawan harus disiplin dalam menjalankan tugas. Unity of command (kesatuan perintah) antar pemimpin departemen.

Kemudian Unity of direction (kesatuan arah) tim hendaknya berjuang untuk mencapai tujuan bersama. Subordination of individual interests, kepentingan tim lebih diutamakan daripada kepentingan individu. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline