Banyaknya saluran pemasaran menyebabkan konsumen mendapatkan beragam pilihan untuk memperoleh informasi mengenai produk atau layanan yang akan dibeli atau digunakan.
Jika kamu akan membeli sepatu kesayangan misalnya, maka kamu akan mencari informasi di internet atau e-commerce seputar sepatu dimaksud mengenai spesifikasi, kualitas, model dan harga. Juga berkaitan dengan reputasi toko karena menyangkut orisinalitas produk.
Namun tiap-tiap orang akan berbeda dalam menggunakan saluran pemasaran yang dirasa mudah, nyaman, dan terpercaya.
Dengan perilaku konsumen yang beragam, maka perusahaan perlu memanfaatkan saluran pemasaran, karena berpeluang lebih besar dalam menjaring konsumen.
Pengertian Multichannel Marketing
Multichannel marketing adalah praktik berinteraksi dengan pelanggan dengan menggunakan kombinasi saluran langsung dan tidak langsung agar produk atau layanan hadir di mana pelanggan berada, sementara mereka ada di mana-mana.
Dengan kata lain multichannel marketing memadukan banyak saluran distribusi dan promosi menjadi satu strategi terpadu untuk menarik banyak pelanggan.
Saluran komunikasi langsung dapat berupa direct email, direct SMS, direct WhatsApp, public relations/telemarketing, event, brosur, sosial media, sedangkan komunikasi tidak langsung antara lain televisi, radio, majalah, koran, spanduk, baliho, website dan blog.
Semakin banyak saluran komunikasi yang digunakan, maka semakin banyak pilihan yang disukai pelanggan, jangkauan komunikasi lebih luas sehingga memungkinkan pelanggan untuk melakukan pembelian.
Manfaat Multichannel Marketing
Hadirnya media sosial semakin menambah variasi saluran pemasaran, dari sisi konsumen akan mendapatkan banyak pilihan-pilihan informasi produk atau layanan dan dari sisi perusahaan membuka ukuran pasar lebih luas.