Lihat ke Halaman Asli

Kris Banarto

TERVERIFIKASI

Pemerhati Bisnis dan Humaniora

Lakukan "Change Management" Sebelum Bisnis Terpuruk

Diperbarui: 2 Juli 2021   21:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi change management (sumber Pexels.com | FAUXELS)

Organisasi yang sudah tua dan lamban akan terlambat mengikuti perubahan lingkungan bisnis.

Disrupsi teknologi yang ditandai dengan hadirnya gawai pintar dan penetrasi internet tengah membawa perubahan perilaku masyarakat, yang biasanya dilakukan secara luring kini aktivitas dapat dilakukan secara daring.

Pilihan media sosial yang beragam menjadikan masyarakat menggemari aplikasi tersebut. Mulai dari sekadar mengunggah aktivitas sehari-hari hingga digunakan untuk tempat promosi barang.

Munculnya perusahaan e-commerce atau perdagangan elektronik telah mewarnai dunia bisnis dengan berbagai penawaran produk dan layanan. Tidak dapat dihindari sebagian masyarakat telah berubah gaya belanja ke media elektronik tersebut.

Lingkungan bisnis dan perilaku konsumen banyak mengalami perubahan. Ia memaksa organisasi bisnis berubah. Perusahaan yang terlambat melakukan perubahan akan kalah bersaing dan terpuruk.

Menghadapi realitas tersebut organisasi harus mengubah sumber daya dan sarana secara efektif agar dapat memenangkan pasar dan mencapai tujuan organisasi. Pendekatan perubahan tersebut dikenal dengan istilah change management atau manajemen perubahan.

Pengertian Change Management

Change Management menurut John Kotter (2011) adalah suatu pendekatan untuk mengubah individu, tim, dan organisasi kepada kondisi masa depan yang diinginkan.

Sedangkan Wibowo (2012) berpendapat bahwa manajemen perubahan adalah suatu proses yang dibuat secara sistematis dalam menerapkan sarana, sumber daya dan pengetahuan yang dibutuhkan dalam memengaruhi perubahan pada mereka yang akan terkena efek dari proses tersebut.

Manajemen perubahan tidak lain bertujuan untuk mempertahankan kelangsungan organisasi bisnis, menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan bisnis dan memperbaiki manajemen agar efektif dan dapat memenangkan persaingan.

Info grafis change management (sumber Konsultan-hrd.com)

Tingkatan Change Management

Sesuai dengan pengertian manajemen perubahan di atas maka yang menjadi fokus perubahan ada 3 yaitu individual change, organization change dan company capability change.

  • Individual Change

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline