Lihat ke Halaman Asli

Kris Banarto

TERVERIFIKASI

Pemerhati Bisnis dan Humaniora

Merancang Strategi Bisnis Menggunakan "Porter's Four Corners Model"

Diperbarui: 17 Juni 2021   15:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Porter's Four Corners Model (sumber Freepik)

Porter's Four Corners Model adalah suatu cara untuk menganalisis pesaing melalui empat sudut pandang yang diperkenalkan oleh Michael Porter, seorang profesor dari Harvard Business School.

Ketika PT Mayora Indah Tbk meluncurkan produk baru mi instan merek "Bakmi Mewah" dan dapat di terima pasar dengan baik, maka dengan cepat PT Indofood Sukses Makmur Tbk mengeluarkan produk serupa yaitu "Indomie Real Meat."

Indofood tidak mau kehilangan pelanggan dan beralih ke produk Mayora. Dengan cepat ia mengeluarkan produk baru untuk menekan pesaing jangan sampai menjadi pemimpin pasar pada kelas mi instan premium.

Mayora cerdas mengambil ceruk pasar yang belum dimasuki Indofood yaitu menyasar segmen di atas Indomie. Komposisi dalam bakmi berbeda dengan mi yang telah ada sebelumnya. Selain bentuk mi yang berbeda juga ada topping potongan daging ayam dan jamur.

Di dalam bisnis perusahaan tidak cukup hanya memperhatikan faktor internal organisasi saja, namun juga eksternal yaitu setiap pergerakan pesaing. Keberadaan pesaing akan menentukan penjualan dan kinerja perusahaan, bahkan dapat berdampak pada harga saham perusahaan.

Menganalisis Pesaing

Menganalisis pesaing meliputi kegiatan analisis, identifikasi dan memantau pesaing secara berkelanjutan atas tindakan yang dilakukan. Tujuannya untuk memperoleh informasi yang mencakup semua aspek penting dari kegiatan bisnis.

Dari proses analisis tersebut dijadikan acuan untuk menyusun sebuah kerangka. Dan menjadi dasar dalam pengembangan strategi bisnis yang meliputi inovasi produk, strategi pemasaran, penjualan, promosi dan distribusi produk.

Ilustrasi menganalisis pesaing (sumber Freepik.com)

Kesalahan dalam Menganalisis Pesaing

Di dalam menganalisis pesaing dibutuhkan data-data yang objektif dan ketajaman dalam mengolah data. Berikut ini kesalahan-kesalahan yang umumnya dilakukan perusahaan.

1. Hanya menganalisis pesaing utama

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline