Lihat ke Halaman Asli

Kris Banarto

TERVERIFIKASI

Pemerhati Bisnis dan Humaniora

3 Strategi Pemasaran di Era Transformasi Digital Abad 21

Diperbarui: 9 April 2021   13:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi strategi pemasaran (Sumber Pexels-Pixabay.com)

Perkembangan dunia pemasaran begitu cepat berubah. Zaman dahulu asal memasarkan produk murah maka akan diterima pasar, karena daya beli masyarakat terbatas.

Pendapatan masyarakat meningkat mengakibatkan produk menyesuaikan kebutuhan. Produk murah tidak laku jika produknya tidak bagus. Sehingga perusahaan memproduksi  produk berkualitas agar laku pasaran.

Produk kembali berubah, produk bagus belum tentu diterima pasar kalau tidak disukai pelanggan, maka perusahaan membuat produk sesuai keinginan, supaya diterima pelanggan.

Pada Abad 21 sekarang ini kemajuan digital dan internet begitu pesat sehingga strategi pemasaran harus menyesuaikan. Tidak cukup hanya produk bagus dan sesuai keinginan pasar.

Lalu tren produk seperti apa yang bisa dibeli pelanggan pada era digital sekarang ini? Untuk menjawabnya mari kita memperhatikan definisi pemasaran terbaru yang diambil dari situs AMA (American Marketing Association) tahun 2017.

Dan definisi menurut Philip Kotler, seorang penulis, konsultan, dan profesor di bidang pemasaran, memperoleh gelar PhD di Massachusetts Institute of Technology pada 1956.

Kotler merumuskan bersama dengan Kevin Lane Keller seorang profesor yang memiliki tiga gelar dari tiga universitas berbeda, yaitu Cornell University (1978), Carnegie Mellon University (1980), dan Duke University (1986), dalam bukunya yang berjudul Marketing Management, tahun 2013.

Definisi Marketing Menurut AMA, 2017

Definisi menurut AMA, 2017 : Marketing is the activity, set of institutions, and processes for creating, communicating, delivering, and exchanging offerings that have value for customers, clients, partners, and society at large.

Pemasaran adalah aktivitas, serangkaian institusi, dan proses untuk menciptakan, berkomunikasi, memberikan, dan bertukar penawaran yang memiliki nilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat pada umumnya.

Definisi Marketing Menurut Philip Kotler & Kevin Lane Kaller 2013

Marketing is a social process involving the activities  necessary to enable individuals and organizations to obtain what they need and want through exchanges  with others and to develop on going  exchange relationships.

Pemasaran adalah proses sosial yang melibatkan kegiatan yang diperlukan untuk memungkinkan individu dan organisasi memperoleh apa yang dibutuhkan dan inginkan melalui pertukaran dengan orang lain dan untuk mengembangkan hubungan pertukaran yang berkelanjutan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline