Lihat ke Halaman Asli

Kris Banarto

TERVERIFIKASI

Pemerhati Bisnis dan Humaniora

Bisnis Maju, Jika Praktisi HRD Memiliki 9 Kompetensi

Diperbarui: 18 Januari 2021   22:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto oleh Edmond Dants dari Pexels 

"HR is successful when they don't think about HR, but about business competitiveness" 

"SDM berhasil jika mereka tidak memikirkan tentang SDM, tetapi tentang daya saing bisnis"

Itulah perubahan filosofi SDM dari berpikir tentang SDM secara sempit dan beralih bagaimana memikirkan produk atau jasa dapat bersaing di pasar.

Berbicara bidang HR (Human Resources) atau sumber daya manusia, tidak bisa lepas dari legenda seorang tokoh bernama Dave Ulrich. Seorang profesor dari Ross School of Business, University of Michigan yang telah menulis seputar HR lebih dari 30 buku.

Bersama dengan teman-temannya Dave Ulrich telah menjawab bagaimana organisasi menciptakan nilai (value creation) bagi pelanggannya, melalui pengembangan SDM. Menerjemahkan organisasi HR modern dapat diatur sebagai layanan bersama, pusat keahlian dan menjadi mitra bisnis.

Ulrich telah mengubah praktik HR dapat terintegrasi dengan kemampuan organisasi dan menyelaraskan dengan kebutuhan pelanggan. Di bidang kepemimpinan ia merancang kepemimpinan yang efektif, yang dapat meningkatkan jumlah pelanggan.

Dia berpendapat dengan menempatkan pemimpin yang tepat di organisasi akan meningkatkan nilai para pemegang saham. Dave menerjemahkan organisasi sebagai kapabilitas untuk mengubah budaya organisasi, pentingnya kolaborasi, inovasi dan memperkuat organisasi.

Competence Model of HR

Dave Ulrich dan tim dari Michigan Ross Excutive Education telah melakukan riset lebih dari 30 tahun, dan melibatkan 30 ribu responden di seluruh dunia. Di dalam riset yang panjang itu Ulrich dan kawan-kawan menemukan 9 kompetensi yang dibutuhkan profesi seorang HR.

Sumber: Victory Through Leadership-The RBL Group

Ke 9 kompetensi tersebut dikelompokkan menjadi 3 bagian :

1. Organization Enablers (Penggerak Organisasi)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline