Lihat ke Halaman Asli

Kris Banarto

TERVERIFIKASI

Pemerhati Bisnis dan Humaniora

Bank BJB, Bank Lokal Rasa Nasional

Diperbarui: 16 Juli 2020   14:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

bank bjb Jl. Margonda - Depok (dokpri)

"Prit...prit bunyi peluit dari bibir petugas security tanda untuk mengarahkan parkir kendaraan saya dan disambut dengan salam ketika saya turun dari kendaraan, dan first impression telah menyentuh hati."

Saya bergegas menuju gedung dan kembali di sambut petugas security yang lain persis berada di teras gedung cukup megah bercat putih itu, di situ telah disediakan washtafel, handsanitizer dan tisu.

Petugas mempersilakan untuk mencuci tangan dan dilanjutkan dengan cek suhu tubuh dengan termometer scan, mengambilkan nomor antrean, mengambilkan formulir dan menunjukkan tempat untuk menulis, kesan ke dua kembali saya simpan dalam hati. Yah, hari ini (16/07) saya membuka rekening tabungan di bank bjb di Jl. Margonda Raya -- Kota Depok.

Saya baru ter-sadar logo 'bank bjb' semua memakai huruf kecil, tidak seperti bank lain yang memakai huruf besar atau kapital, apakah dalam logo tersebut menyiratkan pesan kerendahan hati? Entahlah. Belum ada satu menit saya menulis data-data dalam formulir, nomor antrean saya di panggil untuk menuju meja Customer Service (CS).

Excellent Service

Petugas menyapa dengan sopan dan membimbing saya untuk mengisi data, sembari ia menginput data dari KTP yang saya serahkan sebelumnya. Dan tibalah pada penanda tanganan buku tabungan, sampai disini saya merasakan pelayanan cukup cepat dan membuktikan petugas CS sangat menguasai pekerjaannya.

Kemudian petugas menawarkan berapa tabungan yang akan di setor, saya menyerahkan sejumlah uang sebagai setoran awal, dan dia mohon waktu untuk menyetor ke kasir dan akan kembali lagi. Benar sekalipun tidak terlalu lama mengurus ke kasir, dia kembali dengan memohon maaf atas pengertiannya sudah menunggu.

Ini merupakan pelayanan yang berbeda dari bank lokal milik BUMD, tetapi pelayanannya rasa nasional dan mengalahkan bank milik BUMN atau bank swasta nasional sekalipun. Pengalaman saya membuka rekening tabungan, ketika setoran awal maka petugas CS mempersilakan kita menyetor sendiri ke kasir, dan kembali lagi ke bagian CS untuk melanjutkan penyelesaian.

Ternyata cerita tidak sampai disitu, kembali dengan keramahan-nya CS membantu untuk membuka fitur SMS banking dan Mobile Banking. Sebelum itu dia menuntun untuk mengganti PIN Atm, sehingga saya tidak perlu ke ATM untuk merubah PIN dari nomor kantor bank ke PIN pribadi. Ini sebuah pelayanan one stop service, dari A sampai Z sampai tuntas, saya dilayani di tempat sama oleh satu orang saja dan dalam waktu yang relatif singkat dua puluh lima menit.

Sembari menawarkan permen yang ada di depan-nya, petugas CS terus memandu pengaktifan SMS banking dan mobile banking, lengkap dari nama ID, password dan cara penggunaan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline