Lihat ke Halaman Asli

Kris Banarto

TERVERIFIKASI

Pemerhati Bisnis dan Humaniora

(Leadership) Strategi Manager Mengelola Karyawan dengan Skill dan Gaji Rendah

Diperbarui: 16 Januari 2021   09:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Image by Gerd Altmann from Pixabay

Motivasi karyawan sangat diperlukan dalam organisasi perusahaan, semakin banyak karyawan yang ter-motivasi akan meningkatkan kinerja perusahaan sebaliknya apabila karyawan banyak demotivasi maka kinerja perusahaan akan menurun.

Biasanya melemahnya motivasi karyawan ditentukan karena mereka melihat hubungan yang lemah antara usaha dengan kinerja mereka, antara kinerja dengan penghargaan organisasi dan antara penghargaan yang mereka terima dengan penghargaan yang benar-benar mereka inginkan.

Jika berharap karyawan ter-motivasi, Anda perlu melakukan apa yang perlu untuk memperkuat hubungan-hubungan ini.

1. Antara usaha dengan kinerja mereka

Apakah karyawan meyakini bahwa jika mereka berusaha secara maksimum, usaha itu akan diakui di dalam penilaian kerja mereka? Tingkat keterampilan mereka mungkin menurun yang bermakna bahwa berapa pun kerasnya mereka berusaha, mereka tidak mungkin menjadi berkinerja tinggi, karena penilaian tidak fair.

Apabila sistem penilaian kinerja organisasi dirancang untuk menilai faktor-faktor non kinerja, semacam loyalitas atau inisiatif, kreativitas dan loyalitas yang lebih besar?. 

Karyawan memersepsikan bahwa dirinya tidak di sukai bos, sehingga mereka akan menduga ia akan mendapatkan penilaian yang buruk dengan mengabaikan tingkat usahanya. Dibutuhkan penilaian yang obyektif untuk menilai kinerja karyawan agar tidak menimbulkan prasangka negatif.

2. Antara kinerja dengan penghargaan organisasi

Apakah karyawan meyakini jika mereka memperoleh penilaian kinerja yang bagus, ia mendapat penghargaan yang bagus dari organisasi?. Kadang organisasi bisnis memberikan penghargaan pada banyak hal selain kinerja. 

Misalnya gaji diberikan kepada orang-orang berdasarkan senioritas dan kedekatan, karyawan melihat hubungan kinerja dengan penghargaan menjadi lemah.

Kenaikan gaji diberikan kepada karyawan yang berkinerja rendah, terkadang terjadi praktik diskriminasi dari manajer. Manajer penting untuk membuat KPI (Key Performance Indicator), adalah alat ukur yang menggambarkan efektivitas perusahaan dalam mencapai tujuan bisnisnya. Perusahaan menggunakan KPI untuk mengukur kesuksesan pencapaian target mereka.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline