Lihat ke Halaman Asli

Kris Banarto

TERVERIFIKASI

Pemerhati Bisnis dan Humaniora

Business Plan: 9 Cara Mudah Menyusun Rencana Bisnis

Diperbarui: 12 Januari 2021   21:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Image Pexels.com

Setiap akhir tahun para pemimpin perusahaan akan mengevaluasi kinerja perusahaan dan membuat business plan untuk tahun depan. Evaluasi selama satu tahun dapat meliputi penjualan, cash in/revenue & cash out, biaya produksi dan kegiatan HRD.

Hasil dalam evaluasi akan dituangkan dalam business plan berapa kenaikan/penurunan target penjualan, berapa rencana cash in & cash out, biaya produksi dan program HRD. Selain itu juga akan melakukan analisa pasar sejauh mana prospek pasar tahun depan, produk apa dan dengan harga berapa akan dipasarkan disertai dengan strategi marketing.

Perusahaan juga akan mengantisipasi ancaman (threath) dari luar baik kompetitor existing maupun kemungkinan pemain baru (new entrans). Masing-masing departemen baik Sales & Marketing, Finance, Produksi/operations & HRD menyiapkan materi evaluasi dan rencana kerja hasil diskusi dari tiap departemen.

Selanjutnya masing-masing departemen head akan mempresentasikan di hadapan departemen head yang lain dalam forum rapat kerja yang dipimpin oleh direktur/CEO perusahaan. Hasil dari forum rapat kerja itulah menjadi acuan bersama tiap departemen untuk bekerja sepanjang satu tahun ke depan dan akan dievaluasi per triwulan (quarter).

Business plan/rencana bisnis biasanya meliputi :

1. Executive Summary

Di bagian ini, Anda harus merangkum dan menceritakan kisah lengkap rencana bisnis Anda. Jika dilakukan dengan benar, itu akan memastikan bahwa selama pertemuan Anda hanya perlu merujuk ke sub bagian yang berbeda jika perlu membidik bagian tertentu. Meskipun, dalam pertemuan lanjutan yang lebih intensif, dan diperlukan seluruh dokumen untuk diteliti secara keseluruhan.

Untuk alasan ini, ringkasan eksekutif harus menjadi bagian pertama yang akan diuraikan ketika mulai menulis rencana bisnis, karena ini akan membantu Anda untuk menyusun bagian selanjutnya dari rencana.

2. Company Overview

Tinjauan Perusahaan ini adalah untuk memastikan bahwa pembaca memahami apa yang dilakukan perusahaan, cobalah untuk tetap sederhana, identifikasi masalah yang sedang ditangani, dan sajikan solusi perusahaan Anda.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline