Riset pasar adalah serangkaian teknik yang digunakan untuk mengumpulkan informasi dan lebih memahami target pasar perusahaan.
Bisnis menggunakan informasi ini untuk merancang produk yang lebih baik, meningkatkan pengalaman pengguna, dan membuat pesan pemasaran yang menarik, berkualitas dan meningkatkan tingkat perubahan produk.
Mengapa riset pasar begitu berharga
Tanpa penelitian, mustahil untuk memahami pengguna produk perusahaan. Tentu, Anda mungkin memiliki gagasan umum tentang siapa mereka dan apa yang mereka butuhkan, tetapi Anda harus menggali lebih dalam jika ingin memenangkan loyalitas mereka.
Analisis memberi Anda 'apa,' tetapi penelitian memberikan 'mengapa' Data besar, analisis pengguna, dan dasbor dapat memberi tahu skala berapa orang yang melakukan, tetapi hanya penelitian yang dapat memberi tahu Anda tentang apa yang mereka pikirkan dan mengapa mereka melakukan.
Riset yang ramping atau sederhana keunggulannya adalah :
- Efisien : Membuat Anda lebih dekat dengan pelanggan Anda dan lebih cepat.
- Hemat Biaya: Tidak perlu menyewa perusahaan pemasaran yang mahal untuk memulai sesuatu.
- Kompetitif : Wawasan yang cepat dan kuat dapat menempatkan produk Anda di sebagai market leader.
4 (empat) Metode Umum Riset Pasar
Ada banyak cara berbeda untuk melakukan riset pasar dan mengumpulkan data pelanggan, tetapi Anda tidak perlu membatasi diri hanya dengan satu metode penelitian.
1. Survei
Survei menanyakan kepada pengguna serangkaian pertanyaan terbuka atau tertutup, yang dapat disampaikan sebagai kuesioner di smartphone atau melalui email. Survei online begitu populer karena mudah dan murah untuk dilakukan, dan Anda dapat melakukan banyak pengumpulan data dengan cepat.
Datanya cukup mudah untuk dianalisis, bahkan ketika Anda harus menganalisis pertanyaan terbuka yang jawabannya mungkin awalnya tampak sulit dikategorikan.